Napak Tilas ala PSBI, Melestarikan Sejarah Marga Simbolon di Tanah Simalungun

Ketua Umum PSBI, Dr Effendi MS Simbolon
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Ribuan anggota Punguan Simbolon Dohot Boru Indonesia (PSBI) Napak Tilas Gunung Simbolon, Minggu, 25 Juni 2023, sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Simalungun yang menerima leluhur marga Batak Simbolon. Napak tilas sekaligus melestarikan sejarah Marga Simbolon di tanah Simalungun.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Sebab, Dolok (Gunung) Simbolon yang berada di Nagori Dolok Simbolon, Kecamatan Tapin Dolok, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), menjadi saksi sejarah adanya warga Batak Simbolon yang tinggal di daerah kaki gunung tersebut.

Napak tilas dimulai dengan iring-iringan rombongan anggota PSBI dari Jalan Simbolon, Kota Pematang Siantar, menuju Nagori Dolok Simbolon, Simalungun, yang dilepas langsung oleh Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon, dan Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Transformasi Pendidikan Melalui Literasi dan Infrastruktur Digital

Akses jalan menuju lokasi yang rusak dan berlumpur, menyulitkan kendaraan roda empat untuk melintas dan sangat beresiko bila ditempuh. Namun hal itu tak membuat anggota PSBI mundur, mereka tetap semangat menuju ke lokasi dengan jalan pendakian sejauh kurang lebih 10 Kilometer (Km) dengan berjalan kaki.

Meski bercucuran keringat dan sesekali berhenti untuk merehatkan kaki di pertengahan jalan hingga mengatur nafas yang terengah-engah. Setibanya di Nagori Dolok Simbolon, rasa lelah mereka pun terbayarkan dengan keindahan suasana desa dan pemandangan Gunung Simbolon.

Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria di Ruangan Rumah Sakit, Salah Satu Pelaku Mantan Kekasih Korban

Ketua Umum PSBI, Dr Effendi MS Simbolon beserta rombongan yang juga turut dihadiri Bupati Samosir, Vandiko Gultom, melaksanakan ibadah di gereja setempat bersama warga sekitar yang antusias menyambut kedatangan mereka.

Effendi menyampaikan, napak tilas ini juga sebagai kunjungan kasih kepada para saudara-saudara berbagai suku dan marga yang tinggal di Nagori Dolok Simbolon tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title