Perdana, Jahe Asal Sumut Siap Tembus Pasar Ekspor di Amerika Serikat

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyaksikan penandatanganan kontrak ekspor jahe ke Amerika Serikat.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Dalam waktu dekat, jahe segar asal Sumatera Utara akan tembus pasar Amerika Serikat (AS). Dengan estimasi nilai ekspor mencapai $210.000 US dolar. Ekspor jahe ini, sudah sesuai dengan memenuhi standar ketat yang ditetapkan dalam Food and Drug Administration (FDA).

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Hal itu, terungkap dalam penandatanganan kontrak antara PT Toba Barika Borneo dengan PT Alpha Gemilang Sejahtera, yang disaksikan langsung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di lantai 10, Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Jumat 26 Mei 2023.

Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Onwer PT Alfa Gemilang Sejahtera, Ujiana Sianturi mengatakan bahwa jahe dengan kualitas terbaik asal Sumut, perdana menembus pasar internasional, yakni Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

"Kegiatan ini, tandatangan kontrak antara PT Toba Barika Borneo dengan PT Alpha Gemilang Sejahtera melalui Asosiasi UMKM Sumut dalam pengiriman jahe memasuki pasar Amerika," sebut Ujiana kepada wartawan, usai penandatanganan kontrak tersebut.

Penandatanganan kontrak ini, dalam rangka kegiatan pekan inovasi dan investasi Sumut ke-9 tahun 2023. Lanjut Ujiana mengungkapkan, untuk menembus pasar ekspor di Amerika Serikat, sangat sulit dan tidak mudah.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

"Ketika memasuki pasar Amerika sangat sulit, kita lama mengurus administrasinya. Jadi, eksportir sudah punya, suplayer berhasil dari Sumut. Jadi, jahe di Indonesia lah perdana memasuki pasar Amerika," ucap Ujiana.

Ujiana mengungkapkan rencana ekspor dengan total 60 ton jahe asal Sumut ini, akan dikirim ke Amerika Serikat, dua bulan kedepan. Jahe ini, hasil pertanian di Kabupaten Simalungun, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Samosir, dan Kabupaten Toba.

Halaman Selanjutnya
img_title