Kecurangan UTBK-SNBT di USU, Peserta Bayar Hingga Ratusan Juta untuk Kuliah Kedokteran

Seorang peserta UTBK-SNBT diamankan petugas pengawas.
Sumber :
  • Tangkapan layar instagram @terangmedia

VIVA Medan - Viral, video pengakuan salah seorang peserta, yang diduga melakukan kecurangan saat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer, Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2023 di Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam video yang dikutip VIVA dari akun Instagram @terangmedia, Sabtu siang, 13 Mei 2023.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Seorang peserta saat diperiksa petugas pengawas ujian. Peserta itu, seorang laki-laki, yang terlihat di dalam video masih lengket alat-alat di badannya, seperti perekam kamera, audio dan visual serta handphone, lengkap dengan lakban.

Kecurangan UTBK-SNBT ini, menggunakan jasa Bimbingan Belajar, mengarah dan membimbing sebanyak 7 peserta yang diamankan itu, mengisi soal-soal ujian dengan benar. Peserta itu, mengatakan bahwa untuk mendapatkan nilai yang baik, harus mengeluarkan uang capai Rp 500 juta.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

"Ditawari orang tua mu ya," sebut seorang petugas pengawas ujian. "Bukan ditawari, kalau sudah lulus baru bayar," jawab peserta diamankan tersebut.

"Berapa bayarnya, nominalnya," tanya petugas. "Sampai Rp 500 juta," ucap peserta itu. "Oke, oke, sudah macam komplotan gitu ya," kata petugas kembali.

Viral Perundungan Bocah di Simalungun dan Pelajar SD Jadi Tersangka, Ini Kata Polisi

Ketujuh peserta itu, diamankan dari ruangan ujian di Kampus USU, Rabu 10 Mei 2023. Mereka merupakan peserta mengikuti ujian masuk Fakultas Kedokteran, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama, yakni UI, UNEJ, UNDIP dan UNAIR.

"Yang disebut itu, tempat. Ketujuh ini, ujian masuk kedokteran, ada Kedokteran UI, dan kedokteran universitas Negeri lainnya. Ngapain orang itu, bimbel (bayar) mahal-mahal. Kalau tidak mau masuk kedokteran ini," sebut Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan saat dikonfirmasi VIVA.

Halaman Selanjutnya
img_title