Jawab Keinginan Santri, SDG Sumut Bantu Pembangunan Musala Ponpes di Tapteng

Relawan Santri Dukung Ganjar bantu pembangunan musala Ponpes di Tapteng.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pondok Pesantren Qudussalam Sorkam akhirnya kini memiliki musala, yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Selama ini, para santri pesantren yang terletak di Desa Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut) itu melaksanakan salat di dalam ruang kelas dengan kondisi seadanya.

Bobby Nasution Beberkan Kriteria Sosok Cawagub Sumut yang Bakal Mendampinginya

Proses pembangunan musala yang sedang berjalan itu, relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumatera Utara (Sumut) memberikan bantuan material semen untuk Pondok Pesantren Qudussalam Sorkam. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan untuk para santri melaksanakan ibadah.

"Di sini kami membantu untuk pembangunan masjid itu berupa bantuan material yang nantinya dibutuhkan untuk pembangunan masjid ini. Harapannya semoga pimpinan yayasan ini merasa terbantu dan bisa memanfaatkan bantuan ini," kata Koordinator Daerah SDG Tapanuli Tengah, Bidin Wahyudi, Kamis 13 April 2023.

Musrenbang RPJPD Medan, Pj Gubsu: Pembangunan Butuh Rencana yang Baik

Bidin menjelaskan sebelum memberikan bantuan, relawan SDG telah berkunjung ke Ponpes Qudussalam Sorkam. Dalam silaturahminya tersebut, relawan telah mensurvei terkait kebutuhan apa saja yang diperlukan ponpes. Beberapa relawan SDG Sumut juga diketahui merupakan lulusan ponpes tersebut, sehingga silaturahmi antara pihak ponpes dan relawan terjalin dengan kuat untuk saling membantu.

"Dari sana kami beranjak untuk melihat situasi di Ponpes Qudussalam Sorkam. Melihat kurangnya sebuah fasilitas yang sangat diperlukan, yaitu masjid," ucapnya.

Sambangi Warkop Jurnalis Medan, Nikson Nababan Diskusi Bersama Awak Media

Dengan adanya bantuan itu diharapkan bisa mengembangkan kualitas Ponpes Qudussalam Sorkam, sekaligus membuat para santri lebih nyaman untuk beribadah. Sebab, Bidin menjelaskan, selama ini para santri melaksanakan salat jemaah di ruangan ala kadarnya, seperti ruangan kelas. Tidak ada tempat khusus bagi mereka untuk melaksanakan salat berjamaah.

"Kemudian para santri juga yang hari-harinya salat berjamaah itu di ruangan (kelas) nanti bisa salat berjamaah di masjid mereka sendiri," kata Bidin.

Halaman Selanjutnya
img_title