Dorong Sentralisasi Atlet, Ambisi Forki Sumut Kembalikan Tradisi Emas di PON 2024

Atlet karate Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) Sumatera Utara (Sumut) menilai pemusatan latihan daerah (Pelatda) yang sedang berjalan saat ini untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut sebagai pemborosan. Forki Sumut menilai lebih baik dilakukan sentralisasi.

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap dan Tersangka Kasus Narkoba, Profilnya Mengejutkan

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Umum Forki Sumut, Zulkarnaen Purba, saat menerima visitasi Posko Publikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut Wilayah Sumut, Selasa 5 Desember 2023. Visitasi dari Dispora Sumut, Bahtar Panjaitan.

"Saat ini kan sedang pelatda berjalan, ini pemborosan. Harusnya sentralisasi biar lebih fokus," tegas Zulkarnaen Purba yang menyebutkan PON 2024 Forki Sumut ingin mengembalikan tradisi medali emas yang sempat hilang di PON Papua XX/2021.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Dia menjelaskan, ada 17 nomor yang dipertandingkan di PON 2024. Dua nomor di antaranya harus menjadi milik Sumut namun dengan beberapa catatan.

"Kita dari PON XV sampai PON XIX selalu dapat emas. Untuk PON XXI ini, target realistis 2 medali emas. Tapi, tentu ada proses menuju target itu. Kami meminta Dispora dan KONI Sumut untuk memenuhinya. Kalau tidak didukung proses ini, tentu kami tidak akan memenuhi target itu," ungkap Zulkarnaen Purba.

HUT ke-76 Provinsi Sumut, Pj Gubernur: Jadi Ajang Evaluasi dan Introspeksi

Pelatih dan atlet karate Sumut.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Dukungan yang dimaksud Zulkarnaen seperti peralatan dan Polar. Katanya, Forki Sumut belum menerima peralatan untuk mendukung latihan atlet karate.

Halaman Selanjutnya
img_title