Peringati 19 Tahun Tsunami Aceh, Presiden RI ke-6 dan AHY Ziarah ke Kuburan Massal Siron

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berziarah ke Makam Kuburan Massal Siron, Aceh, Senin 25 Desember 2023, dalam memperingati 19 tahun bencana tsunami, Aceh.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

“Memperingati 19 tahun bencana tsunami Aceh, saya bersama Pak SBY, ziarah ke kuburan makam Siron. Di sini, 46.718 korban gempa dan tsunami dikebumikan secara massal. Bencana alam yang sampai saat ini masih menyisakan duka bagi kita semua. Alhamdulillah, kini Aceh terus bangkit. Doa kami bersama seluruh warga Aceh,” ucap AHY, dalam keterangan tertulis, Selasa 26 Desember 2023.

SBY dalam sambutannya mengingatkan semua bahwa tanah Aceh pernah mengalami tragedi besar. Oleh karena itu, diharapkan kepada para pemimpin bangsa memberikan yang terbaik untuk Aceh, agar ke depannya semakin adil dan sejahtera.

Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

“Tempat ini dulu saya bersama almarhumah istri tercinta dan Menteri Agama (almarhum) melihat jenazah para syuhada (korban tsunami Aceh),” jelas SBY.

“Setelah tsunami melanda Aceh, saya bersama almarhumah Ibu Ani sering mengunjungi Aceh, karena musibah tsunami merupakan sejarah yang tidak mungkin dilupakan,” lanjutnya.

Bantah Kunjungan Jokowi di Sumut Cawe-cawe Pilgub, Bobby Nasution: Disini Mau Lihat Cucu

SBY juga kembali mengenang masa dirinya menjadi Presiden RI, berkunjung ke Aceh setelah tsunami menerjang daerah itu. Ziarah tersebut untuk mendoakan seluruh arwah yang meninggal pada saat bencana besar pada tahun 2004.

“Ketika tiba di Aceh, saya melihat banyak sekali jenazah yang terletak di mana-mana. Tempat ini mengingatkan saya kepada seluruh arwah berpulang dalam bencana yang dahsyat itu,” kenang SBY.

Halaman Selanjutnya
img_title