Gantikan Johnny G Plate, Jokowi Lantik Budi Arie Sebagai Menkominfo

Jokowi lantik Budi Arie sebagai Menkominfo.
Sumber :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

VIVA - Jabatan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) resmi dijabat Budi Arie usai dilantik Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) hari ini di Istana Negara, Jakarta, Senin 17 Juli 2023. Budi Arie menggantikan Johnny G Plate yang terjerat kasus korupsi pengadaan BTS 4G yang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung).

Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi, Anies Baswedan Tetap Usung Perubahan

Pelantikan Budi Arie itu tertuang dalam surat Keputusan Republik Indonwsia Nomor 62P tahun 2023 tentang pengangkatan Menteri komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia maju periode tahun 2019 - 2024. Surat tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Negara Nanik Purwanti.

Pelantikan Budi Arie sebagai Menkominfo ini dibarengi dengan pelantikan sejumlah posisi Wakil Menteri Negara. Pelantikan Wakil Menteri itu tertuang dalamKeputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32M tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

KPK Sita Rumah Bupati Labuhanbatu Nonaktif Erik Adtrada Ritonga Senilai Rp5,5 Miliar

Pelantikan Menkominfo dan sejumlah Wakil Menteri.

Photo :
  • Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.

Sejumlah tokoh yang dilantik sebagai Wakil Menteri adalah Pahala Nugraha Mansury dilantik sebagai wakil Menteri Luar Negeri; Nezar Patria diangkat sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika; Paiman Raharjo, sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Rosan Perkasa Roeslani, diangkat sebagai wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara; kemudian Saiful Rahmat Dasuki dilantik sebagai Wakil Menteri Agama.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi kemudian memulai prosesi pengambilan sumpah jabatan dengan terlebih dahulu menanyakan kesediaan tokoh-tokoh tersebut diambil sumpahnya.

"Sebelum saya mengambil sumpah janji berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai menteri negara dan wakil menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara-saudara bersediakah saudara-saudara untuk diambil sumpah janji menurut agama masing-masing?," kata Jokowi yang kemudian dijawab dengan kesediaan oleh para tokoh yang akan dilantik.

Halaman Selanjutnya
img_title