Helikopter Caracal TNI AU Berhasil Evakuasi Seluruh Korban Pesawat SAM Air

Salah satu korban pesawat SAM Air yang dievakuasi.
Sumber :
  • Puspen TNI AU

VIVA – Tim SAR gabungan yang berjumlah 12 personel terdiri dari Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara dan Basarnas akhirnya berhasil tiba di lokasi jatuhnya pesawat maskapai Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air di Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan, Selasa 27 Juni 2023. Tim SAR gabungan tiba di lokasi pada hari keempat proses evakuasi pesawat SAM Air tersebut. 

Kadisdik Sumut Resmikan Sekretariat IKA SMAN 8 Medan Gedung Riadil Akhir Lubis

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI R Agung Sasongkojati, mengatakan enam jenazah pesawat SAM Air itu berhasil dievakuasi menggunakan helikopter Caracal TNI AU HT-7201.

“Seluruh korban yang berjumlah enam orang telah berhasil dievakuasi dari lokasi jatuh pesawat ke titik dropping helikopter.  Dari lokasi titik dropping, keenam korban telah dimasukan ke kantong jenazah,” katanya kepada Medan VIVA, Selasa 27 Juni 2023.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Selanjutnya, helikopter Caracal TNI AU yang diawaki oleh Mayor Pnb Arif dan Lettu Pnb Taufik langsung membawa para jenazah menuju Bandara Wamena.

“Helikopter Caracal landing di Wamena pukul 15.31 WIT. Kemudian, keenam jenazah dimasukkan ke dalam enam peti jenazah yang telah disiapkan,” ujar Agung.

Dihadapan PKDN Sespimti Polri, Pj Gubernur Sumut Beberkan Strategi Pemilu Sukses

Kemudian, enam jenazah korban pesawat SAM Air itu kembali diterbangkan menuju Jayapura. Berdasarkan manifes pesawat SAM Air, identitas keenamnya yakni Bartolomeus (34), Ebeth Halerohon (29), Dormina Halerohon (17), Kilimputni (20), Hari Permadi (pilot), dan Levi Murib (kopilot).

“Menggunakan pesawat Trigana Air Cargo PK-YSN dengan pilot Kapten Rehan untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura sebelum diserahkan kepada pihak keluarga,” ucap Agung.

Halaman Selanjutnya
img_title