Siap Dilepasliarkan, Balai BKSDA Sumut Pindahkan 4 Individu Orangutan Sumatera ke SRO Jantho

Orangutan Sumatera.
Sumber :
  • Dok Balai BKSDA Sumut

VIVA Medan - Empat individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dipersiapkan untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Persiapan tersebut, keempat individu Orangutan Sumatera itu masuk dalam program rehabilitasi di Forest School sebelum dilepasliarkan ke hutan Jantho, Aceh.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Pemindahan 4 individu Orangutan Sumatera dilakukan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sumut bersama Balai KSDA Aceh, dan lembaga mitra kerja sama Yayasan Ekosistem Lestari (YEL). Proses pemindahan berlangsung dari Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO), Batu Mbelin, Sibolangit, Sumatera Utara (Sumut) ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Sumatera (SRO) Jantho, Aceh.

“Pemindahan Orangutan Sumatera dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 dan Road To HKAN 2023,” kata Kepala Balai BKSDA Sumut, Rudianto Saragih Napitu dalam keterangannya, Kamis 8 Juni 2023.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Diterangkan Rudianto, 4 individu Orangutan Sumatera dipindahkan dari PKRO Sibolangit ke SRO Jantho pada Senin, 29 Mei 2023 lalu melalui jalur atau jalan darat. Tujuan pemindahan hewan primata itu untuk melanjutkan program rehabilitasi di Forest school agar siap dilepasliarkan ke hutan Jantho, Aceh.

Orangutan Sumatera.

Photo :
  • Dok Balai BKSDA Sumut
Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

“Selama di SRO, Orangutan ditempatkan di kandang habituasi, sehingga dapat menyesuaikan diri di lokasi baru, untuk nantinya dilepasliarkan. Kegiatan pelepasliaran merupakan pengembalian satwa ini ke daerah asal atau habitat alaminya,” jelas Rudianto.

Dijelaskan Rudianto, 4 individu Orangutan Sumatera tersebut masing-masing bernama Ashoka, betina, 8 tahun, berasal dari hasil sitaan Balai KSDA Aceh bersama HOCRU OIC di Desa Lestari Piring, Kabupaten Gayo Luwes, Aceh, masuk ke PKRO Batu Mbelin, Sibolangit pada 14 April 2017.

Halaman Selanjutnya
img_title