Puluhan Pengunjung Tercebur ke Danau dari Jembatan Taman Cadika, Ini Kata Pemko Medan

Puluhan pengunjung tercebur ke danau Taman Cadika Medan akibat jembatan terputus.
Sumber :
  • Tangkapan layar/VIVA Medan

VIVA Medan - Puluhan pengunjung tercebur ke dalam danau akibat tali sling jembatan di Tanam Cadika, Kota Medan diduga terputus. Diduga peristiwa itu terjadi akibat tidak sanggup menampung beban orang yang melintas atau over kapasitas jembatan tersebut.

Diduga Terlibat Kasus Pengeroyokan, Penangkapan Anggota DPRD Tapsel Berlangsung Dramatis

Peristiwa puluhan pengunjung tercebur ke Danau Taman Cadika, di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, terjadi pada Minggu petang, 13 Oktober 2024. Namun peristiwa tersebut, viral di media sosial. Tampak warga kecebur tampak panik dan menjadi tontonan pengunjung lainnya di Taman Cadika yang dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Medan).

Kadispora Kota Medan, Tengku Yudi mengatakan penyebab keceburnya pengunjung dari jembatan itu, karena kelebihan muatan saat warga melintasi danau tersebut. "Dia (jembatan) tidak putus, dari pondasi terangkat karena kelebihan muatan. Disitu sudah ada keterangan maksimal 20 orang (untuk dilintasi). Kayaknya melebihi 20 orang itu," kata Yudi saat dikonfirmasi VIVA, Minggu malam.

Kasus Viral Penganiayaan Balita di Day Care, Tersangka: Saya Menyesal dan Minta Maaf

Yudi menjelaskan dari keterangan pengunjung menjadi korban. Ada remaja usil, yang melintasi jembatan itu sambil loncat-loncat dan bergoyang-goyang. "Tadi ada keterangan dari pengunjung itu, yang melompat anak muda sambil goyang-goyang jembatan. Ada yang usil itu kan," jelas Yudi.

Yudi memastikan jika jembatan itu aman untuk dilintasi, bila pengunjung mengikuti petunjuk dan peraturan yang dibuat, maksimal bisa dilintasi maksimal 20 orang. "Kalau jembatan tidak putus, cuma terbelit gitu aja, jembatan itu pakai tali sling jadinya pondasinya terangkat," sebut Yudi.

Pengasuh Day Care di Medan Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penganiayaan Balita

Saat kejadian tersebut, Yudi mengatakan petugas yang berjaga dan pengunjung di Taman Cadika bersama-sama menolong korban yang dari dalam danau tersebut. "Untuk korban negatif," tutur Kadispora Medan itu.

Untuk sementara jembatan itu, ditutup untuk umum sembari akan dilakukan perbaikan oleh pihak pengelola Taman Cadika, Kota Medan. Untuk diketahui, jembatan hingga fasilitas di Tanam Cadika baru saja dilakukan revitalisasi oleh Pemko Medan.