Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Medan Resmi Lantik 453 PPS

KPU Medan melantik 453 PPS untuk Pilkada Serentak 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota melantik 453 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang akan bertugas pada Pilkada serentak tahun 2024. Ratusan PPS ini, dilantik langsung oleh Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah. Pelantikan berlangsung di Hotel Santika, Kota Medan, Minggu sore, 26 Mei 2024.

Pilkada Serentak 2024, PDIP Sumut Gelar Fit and Proper Test Terhadap 256 Bacakada

Kegiatan ini, dihadiri Ketua KPU Sumatera Utara, Agus arifin, anggota KPU Medan, yakni Bobby Niedal Dalimunthe, dan Muhammad Taufiqurrohman Munthe. Kemudian, juga dihadiri perwakilan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, perwakilan Polrestabes Medan, perwakilan Polres Belawan, perwakilan Kodim 02/01 dan perwakilan Kapos BIN Kota Medan.

Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah, mengungkapkan pembentukan PPS ini, dilakukan melalui beberapa tahapan yang dimulai dari tahapan seleksi administrasi, ujian tertulis dan wawancara. Tahapan rekrutmen PPS dimulai, sejak 2 hingga 26 Mei 2024.

Jadwal PSU di Samosir dan Nisel, Tinggal Menunggu Juknis KPU RI

Dimana, 453 PPS ini, tersebar di 21 Kecamatan se-Kota Medan. Mutia berharap menjalani tugas dengan profesional dan mengikuti peraturan KPU yang ditetapkan.

"Sebagai anggota PPS, harus dapat menjaga independensi, sebagai penyelenggara Pemilu, tidak boleh berlaku parsial harus berlaku adil dalam menjalani tugasnya," sebut Mutia.

Pilkada Serentak 2024, PKS Sumut Gelar Fit and Proper Test 40-an Bacakada

Untuk diketahui, total keseluruhan PPS se-Sumut pada Pilkada serentak 2024 ini, berjumlah 18.330 orang. Usai dilantik PPS ini, akan menjalani tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dan Pemilihan Bupati dan Wakil serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang dilaksanakan pada 27 November 2024. Anggota KPU Sumut, Robby Effendi mengucapkan atas pelantikan 18.330 PPS itu, diharapkan dapat bekerja secara profesional.

"Kepada jajaran semua dalam bertugas agar menjunjung tinggi kode etik dan perilaku," ucap Robby kepada VIVA.

Halaman Selanjutnya
img_title