Polbangtan Kementerian Pertanian Dorong Ciptakan Alumni Job Seeker dan Job Creator

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian, Dedi Nusyamsi memberikan pengadaan dan bimbingan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Politeknik Pembangunan Pertanian Medan salah satu unit pelaksana teknis pendidikan di bawah Kementerian Pertanian diwajibkan untuk menghasilkan alumni dengan kualifikasi job seeker dan job creator yang artinya alumni harus betul –betul siap untuk terjun di dunia pertanian mulai dari hulu ke hilir.

Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian, Dedi Nusyamsi dalam kegiatan FGD Optimalisasi TEFA dan Pembelajaran Program Kelapa Sawit yang dilaksanakan di ruang rapat Polbangtan Medan, Sabtu 10 Februari 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Kelompok Kelembagaan dan Ketenagaan Pusat Pendidikan, Vitri Arinyanti dan Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini.

Pengendalian Inflasi Usai Idulfitri dan Libur Nasional, Ini Pesan Tito Karnavian

“Terkait dengan tupoksi Polbangtan Medan, saya tidak bosan-bosannya menyampaikan bahwa Polbangtan harus menghasikan alumni dengan kualifikasi job seeker dan job creator yang artinya alumni kita harus betul-betul siap menjadi petani milenial dan enterpreuner yang handal,” ucap Kabadan di hadapan para dosen Polbangtan Medan.

Keberadaan para dosen, sambungnya, bertujuan untuk menghasilkan alumni yang seperti yang diharapkan. Jika tidak terwujud alumni sesuai yang diinginkan, maka dipastikan tugas Polbangtan gagal.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

“Ini tidak lain dan tidak bukan karena untuk menjaga kesinambungan pertanian di Indonesia. Butuh regenerasi petani dan agrobisnis yang menjadi kesinambungan agar pangan tetap terjaga. Tidak akan ada pertanian jika tidak ada regenerasi petani,” kata Dedi.

Untuk itu, sambungnya, salah satu fungsi Teaching Factory (TEFA) yaitu menjadi sarana inkubasi wajib untuk menghasilkan job seeker dan job creator.

Halaman Selanjutnya
img_title