Miris! Harimau di Kebun Binatang Medan Zoo Kembali Mati

Harimau Sumatera (Ilustrasi)
Sumber :
  • BBKSDA Sumut

VIVA Medan - Harimau Sumatera penghuni Kebun Binatang milik Pemerintah Kota (Pemko) Medan, Medan Zoo, ditemukan mati di kandangnya, Minggu sore, 31 Desember 2023, sekitar pukul 16.48 WIB. Untuk diketahui, sepanjang 2023 sudah dua ekor harimau mati.

Pasca Viral di Medsos, BBKSDA Sumut Pastikan Buaya di Sungai Pekatal Medan Berukuran 3 Meter

Sebelumnya harimau Sumatera, bernama Erha penghuni Medan Zoo, mati pada Senin 6 November 2023. Mendapatkan informasi kematian harimau sumatera akhir tahun lalu itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, menurunkan tim medis, pada Senin 1 Januari 2024, sekitar pukul 10.11 WIB.

Untuk melakukan pengecekan bangkai hewan dengan basah latin Panthera tigris Sumatrae. Untuk diketahui, hewan buas dilindungi itu, berusia 9 tahun dengan berat badan diperkirakan 50 kg. Harimau ini, terakhir dilakukan medical check up pada 14 November 2023 dengan hasil pemeriksaan adanya gangguan paru, nafas tersengal-sengal dan bersuara.

Viral! Penampakan Buaya di Kecamatan Medan Labuhan, Begini Kabarnya

"Adanya keradangan dalam gambaran darah dan peningkatan BUN yang terkorelasi dengan hasil USG, terlihat penebalan dinding pelvis renalis dan dinding vesika urinaria," ucap Kepala BKSDA Sumut, Rudianto Saragih Napitu, dalam keterangannya, Minggu 7 Januari 2024.

Rahudman Harahap melihat langsung kandang harimau di Medan Zoo.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan
Harimau Sumatera yang Dilepasliarkan Kementerian LHK di Langkat Sumut Ditangkap Kembali

Rudianto mengungkapkan bahwa kondisi gigi kurang baik yang ditandai dengan penumpukan karang gigi. Diagnosa hasil medical check up saat itu pneumonia dan rendah disease.

"Sebelum mengalami kematian, Harimau Nurhaliza terlihat lesu, nafsu makan turun dari satu bulan yang lalu, disertai nafas berat dan berbunyi, pergerakan lambat dan lemah; serta nafas sesak dan sering muntah setelah makan," kata Rudianto.

Halaman Selanjutnya
img_title