Pencurian di Jalur Pipa Milik Pertamina di Belawan, Disita Goni Plastik Berisikan Pertalite

Fuel Terminal Medan Group.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Pencurian Bahan Bakar Minyak (BBM) atau tapping kembali lagi terjadi di jalur pendistribusian BBM milik PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di kawasan Bagan Tambahan, Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan atas peristiwa itu, petugas keamanan, menemukan barang bukti berupa tujuh goni plastik berisi BBM produk Pertalite.

Satria menjelaskan saat itu, petugas security didampingi Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) sedang melakukan patroli jalur pipa laut, mulai dari pos paluh, tambak tambak paluh, sampai Bagan Tambahan dan ditemukan aksi illegal tapping di pipa 12 inci produk Pertalite.

Gagalkan Aksi Pencurian, Lurah Sidorame Barat I Apresiasi Keberanian Dhira

"Pencurian BBM (illegal tapping) kembali terjadi dan kali ini ditemukan illegal tapping pada jalur pipa 12 inci di Medan Belawan pada Selasa, 31 Oktober 2023, lalu siang hari, pukul 12.10 WIB. Pencurian BBM di jalur pipa ini dengan cara melubangi pipa penyalur BBM," ucap Satria, Sabtu 4 November 2023.

Satria mengungkapkan bahwa petugas menemukan barang bukti berupa selang dengan panjang lebih kurang 10 meter, alat keran yang sudah dimodifikasi berbahan kayu dan tujuh goni berisi BBM produk Pertalite di Bagan Tambahan.

Apes Pelaku Curanmor di Medan Ditangkap Polisi, Ketahuan Jual Motor Curian di Medsos

Kemudian, petugas pengamanan langsung berkoordinasi dengan Fuel Terminal Medan Group dan langsung melakukan tindakan awal dengan menutup lubang sementara serta meminta bantuan tim teknis untuk menutup kebocoran pipa.

"Pelaku illegal tapping ini belum ditemukan, kami akan terus melakukan berbagai upaya preventif agar pencurian BBM ini tidak terjadi lagi. Kami juga akan melakukan patroli rutin setiap hari dan mengingatkan masyarakat agar segera melapor kepada pihak berwajib apabila menemukan pelaku pencurian BBM atau illegal tapping," ucap Satria.

Halaman Selanjutnya
img_title