Antusias Mahasiswa Internasional Ikuti Lomba Bahasa Indonesia di UMSU

Lomba Bahasa Indonesia di Kampus UMSU.
Sumber :
  • Dok UMSU

VIVA Medan - Sejumlah mahasiswa internasional dari Amerika, Nowergia, Kolombia Jepang, Cina, Thailand, Kamboja hingga Malaysia antusias mengikuti lomba dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang digelar di Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Jalan Kapten M Basri, Kota Medan, Sabtu 28 Oktober 2023.

Uang Kuliah Tunggal Naik, Ini Penjelasan Wakil Rektor I USU

Lomba yang diselenggarakan Lembaga Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) UMSU itu bagian dari festival bulan bahasa dan kebudayaan internasional. Festival bertema 'Merangkul Keberagamaan melalui Pelestarian Bahasa dan Cagar Budaya' juga bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober.

Ketua BIPA UMSU Dr. Muhammad Arifin, M.Pd membuka langsung kegiatan ini, mengatakan kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan bahasa dan sumpah pemuda. Dia juga mengatakan mahasiswa asing di UMSU mendapatkan apresiasi dari Balai Bahasa Sumatera Utara.

UKT Naik, Ratusan Mahasiswa USU Demo Rektor

"Alhamdulillah, mahasiswa asing di UMSU juga pernah diundang menjadi pengisi acara dan mengikuti ujian UKBI," ujar Dr. Arifin, dalam keterangannya, Minggu 30 Oktober 2023.

Sementara itu, Sekretaris BIPA UMSU Dr. Cut Novita Srikandi, M.Hum, menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan mahasiswa asing se-kota Medan.

SMMPTN Barat 2024 Konsorsium BKS-PTN Barat Resmi Diluncurkan, Ini Kata Rektor USU

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menjelajahi kebudayaan global," ucap Dr. Cut.

Salah seorang peserta asal Colombia, Sara Henao mengaku, sangat gembira bisa mengikuti lomba nyanyi berbahasa Indonesia. Dalam perlombaan dia mengaku, menyanyikan lagu 'Sempurna' milik Andra and The Backbone.

Halaman Selanjutnya
img_title