Selain Berpahala, TGS Ganjar Ungkap Puasa Senin-Kamis Baik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut sampaikan puasa Sunnah Senin-Kamis baik bagi kesehatan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Puasa sunnah Senin-Kamis tak hanya merupakan ibadah yang mengharapkan ridha Allah SWT, tetapi juga penting bagi kesehatan fisik dan mental. Hal inilah yang mendorong Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) mengajak umat muslim rutin melakukan puasa Senin-Kamis.

Kerja Sama dengan GE HealthCare, RS Materna Medan Gunakan MRI Berbasis AI Pertama di Sumut

Hal tersebut disampaikan TGS Ganjar Sumut pada kegiatan bertajuk 'Tinjauan Psikologis dan Medis Terkait Pelaksanaan Puasa Senin dan Kamis' yang digelar bersama jamaah Majelis Taklim Al Ghofar di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Selasa 26 September 2023.

Koordinator Wilayah TGS Ganjar Sumut, Zulfi Andika menjelaskan selain menjadi amalan untuk mendapatkan pahala, ternyata puasa Senin dan Kamis juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan jika dijalankan secara rutin.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

"Kegiatan kami pada hari ini, kami buat tema tentang puasa senin kamis yang ditinjau dari psikologis dan kesehatan medis," ungkap Zulfi.

Adapun, TGS Ganjar menghadirkan Ustadz Siddik Arfandi sebagai pemateri pada momen tersebut. Dia membeberkan bahwa Puasa menjadi media yang tepat untuk membangun dan meningkatkan kecerdasan emosional dan psikologis. Misalnya, puasa mengajarkan seseorang untuk meningkatkan kesabaran, menahan emosi dan hawa nafsu sehingga mampu mengurangi stress.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

Kemudian, keutamaan lainnya ialah dapat mengontrol gula darah, menurunkan kadar lemak, mengeluarkan racun dalam tubuh, hingga menyehatkan jantung. Oleh karenanya, Zulfi berharap kegiatan ini dapat menjadi booster atau mendorong masyarakat khususnya jamaah majelis taklim yang hadir supaya selalu mengamalkan ibadah sunnah tersebut demi kesehatan diri.

"Harapan kami kepada majelis taklim agar lebih senantiasa mendekatkan diri kepada Allah yang maha kuasa setelah mungkin mereka nanti memahami tentang konsep-konsep dan hal-hal yang disampaikan tentang pentingnya puasa Senin Kamis ini ya kita harapkan ke depannya masyarakat ini bisa lebih giat dalam melaksanakan," tukas dia.

Halaman Selanjutnya
img_title