Pengembalian Dana Proyek Lampu Pocong di Medan, Kepala Ombudsman Sumut: Tidak Jelas

Proyek lampu jalan 'pocong' di Medan.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Ombudsman RI Perwakilan Sumut mempertanyakan kepada Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution terkait dengan pengembalian dana pengerjaan proyek lampu jalan alias 'lampu pocong' di Kota Medan dari pihak kontraktor, yang dinilai tidak jelas.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Hal itu, disampaikan Kepala Ombudsman Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar kepada wartawan di Kota Medan, Minggu 23 Juli 2023. Ia mengatakan harus dipertanggungjawabkan secara hukum proyek gagal tersebut. Proyek gagal lampu pocong itu, menggunakan APBD Kota Medan senilai Rp 25 miliar. Kemudian, sudah digunakan Rp 21 miliar. Abyadi mempertanyakan berapa jumlah anggaran yang sudah dikembalikan dari pihak kontraktor ke Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

"Hingga saat ini, persoalan hukum dan pengembalian uang dari kegagalan proyek lampu pocong yang dinyatakan Walikota Medan, tempo hari total loss, tidak jelas," ucap Abyadi.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

Abyadi menjelaskan lampu pocong, yang dinyatakan oleh Walikota Medan itu proyek gagal total, secara fisik masih tegak berdiri di sejumlah ruas jalan.

"Saya melihat 'lampu pocong' yang dinyatakan Pak Wali Kota itu proyek gagal masih berdiri tegak. Sepertinya belum ada tindak lanjut penyelesaiannya," tutur Abyadi.

KPK Sita Rumah Bupati Labuhanbatu Nonaktif Erik Adtrada Ritonga Senilai Rp5,5 Miliar

Kemudian, Abyadi mengkhawatirkan, lampu pocong yang masih berdiri tegak di sejumlah ruas jalan di Kota Medan itu akan menimbulkan masalah baru.

"Mengapa saya katakan akan menimbulkan masalah baru, sebab lampu pocong ini nanti bisa menjadi penghambat pembangunan. Misalanya saat ini, di Jalan Sudirman Medan, sedang ada proyek perbaikan trotoar jalan. Sementara, lampu pocong itu masih berdiri tegak," jelas Abyadi.

Halaman Selanjutnya
img_title