Maju Pilkada Batubara, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian Mundur dari ASN

Calon Bupati Batubara, Baharuddin Siagian.
Sumber :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumatera Utara (Sumut) mundur dari jabatannya dan sebagai aparatur sipil negara (ASN) usai dinyatakan sebagai calon Bupati Kabupaten Batubara. Baharuddin Siagian ditetapkan sebagai calon Bupati Batubara bersama dua calon lainnya.

KPU Tetapkan 3 Paslon di Pilkada Batubara 2024, Ada Cabup Ditahan Polisi hingga Eks Kadispora Sumut

Baharuddin pun menyampaikan kesan dan pesannya selama memimpin Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut. Terlebih lagi persiapan yang harus dilakukan Dispora Sumut dalam mensukseskan Pekan Olahraga Nasional PON (XXI) Aceh-Sumut tahun 2024.

"Terkait dengan tugas-tugas (sebagai Kadispora) saya mulai mengambilnya (keputusan) tadi malam, karena saya sudah ditetapkan sebagai calon Bupati di Kabupaten Batubara. Maka praktis, otomatis saya sudah tidak menjabat lagi sebagai Kadispora dan juga sebagai ASN," sebut Baharuddin kepada wartawan usai upacara terakhir bersama jajaran Dispora Sumut di Aula Wisma Atlet, Senin 23 September 2024.

Edy Rahmayadi Dapat Dukungan dari 11 Zuriat Kedatukan Melayu Batubara di Pilgub Sumut

Pilkada Batubara ditetapkan 3 pasangan calon. Baharuddin maju sebagai calon bupati berpasangan dengan Syafrizal sebagai wakil bupati. Mereka didukung dan diusung PKS, PAN, PKB, Gerindra, PPP, Perindo dan PBB. Kemudian paslon Zahir-Aslam Rayuda didukung dan diusung, Partai Hanura, PDI Perjuangan, dan Partai Ummat. Dan, Darwis-Oky Iqbal Frima, didukung dan diusung Partai NasDem dan Partai Demokrat.

Baharuddin Siagian (jaket hijau) bersama Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis dan pengurus.

Photo :
  • Aris Dasril/VIVA Medan
Minta Venue di PON 2024 Aceh-Sumut Dirawat, Menpora: Jangan Tidak Bisa Dipakai

Baharuddin mengatakan, dengan keputusannya mundur dari jabatannya dan sebagai ASN, ia pun mengingatkan bawahannya untuk jajarannya melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban dengan baik. "Saya resign, yang seharusnya saya pensiun 16 Juni 2026, tapi saya resign mulai hari ini dan sudah diajukan ke BAKN. Pesan saya kepada adik-adik saya di Dispora, pertama bekerja serius dan sungguh-sungguh. Kalau pekerjaan itu sudah dimulai, harus diselesaikan. Pekerjaan itu tidak boleh terbengkalai," katanya.

Ia juga mengakui, bila persiapan PON 2024 Wilayah Sumut yang harus dipersiapkan sebagai tugas akhirnya sebelum mundur sebagai Kadispora dan ASN. Baharuddin sendiri kembali menjabat Kadispora Sumut pada 5 Januari 2023, dipindahkan dari jabatan Kadisnaker Sumut. "Tanggal 5 Januari 2023 saya ke Dispora ini kembali, Desa Sena (Sport Center Sumut) itu belum apa-apa. Artinya apa yang kita lakukan selama 1 tahun 8 bulan untuk venue itu sudah luar biasa," jelas pria yang akrab disapa Bahar.

Halaman Selanjutnya
img_title