Kebakaran Hutan Lindung Danau Toba di Samosir, Diduga Dibakar Orang

Petugas melakukan pemadaman kebakaran Hutan Lindung di Danau Toba, Kabupaten Samosir.
Sumber :
  • Dok Dinas LHK Sumut

VIVA Medan - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Hutan Lindung Siarubung/Dolok Sijonaha, mencapai sekitar 300 hektar Kecamatan Sianjur Mula Mula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Hasil penyelidikan sementara, diduga dibakar orang.

Kolaborasi Edy-Hasan dan Freddy-Andreas di Pilkada 2024, Raih Kemenangan di Sumut dan Samosir

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Sumut, Yuliani Siregar mengatakan orang tersebut, sehari-hari bekerja sebagai petani. Diduga sampah pertaniannya dibakar tanpa diawasi dan merambat ke hutan lindung itu.

"Dia bersih-bersih ladangnya (sampahnya) dibakar, setelah panen sawah (padi). Jeraminya dibakar mereka, tidak mengawasi dan dilihat dia setelah dibakar," kata Yuliani saat dikonfirmasi VIVA Medan, Rabu sore, 17 Juli 2024.

PDIP Targetkan Edy Rahmayadi Raih Kemenangan 70 Persen di Kawasan Danau Toba

Yuliani mengatakan pembersihan tersebut, dalam kondisi cuaca panas dan kencang. Akibatnya, dengan cepat api merambat ke lokasi sekitar, membuat dampak kebakaran meluas dengan perhitungan 200 hingga 300 Hektar.

"Kondisi cuaca panas dan angin kencang. Sehingga menyambar daerah berdekatan. Itu lah sumber api (hasil penelusuran sementara)," ucap Yuliani.

Berjuang Bersama PDIP di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi: Saya Bukan Tipe Orang Pengkhianat

Kondisi hutan lindung Danau Toba di Samosir yang terbakar.

Photo :
  • Dok Dinas LHK Sumut

Untuk mengetahui persis penyebab kebakaran ada dugaan sengaja dibakar tersebut. Yuliani mengungkapkan pihak Dinas LHK Sumut dan Polres Samosir melakukan penyelidikan.

Halaman Selanjutnya
img_title