Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Berlangsung Selama 3 Hari di Sumut

Pemudik Lebaran berangkat dari Terminal Terpadu Amplas.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, terjadi selama tiga hari, sejak 13 hingga 15 April 2024. Namun, arus balik ekstrim terjadi Minggu besok 14 April 2024.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumatera Utara, Agustinus saat dikonfirmasi VIVA Medan, Senin 15 April 2024. Ia mengatakan hari ini, aktivitas pemudik terus bergerak dari berbagai daerah masuk ke Sumut.

"Puncak arus balik estimasi paling tinggi Minggu kemarin. Tapi, puncak arus mudik sudah terjadi sejak Sabtu, Minggu dan Senin," ucap Agustinus.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Agustinus mengungkapkan dalam pengamatan pihaknya, bersama Direktorat Lalulintas Polda Sumut, arus balik Lebaran lebih terurai, karena terjadi dalam periode selama tiga hari tersebut. Masyarakat yang sudah mulai bekerja dan sekolah akan pulang kembali pada Minggu. Sedangkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) akan bergerak pulang pada Senin, karena Selasa 16 April 2024, aktivitas perkantoran sudah kembali aktif.

"Tapi, paling ekstrim pada Minggu kemarin ini. Lebih terurai Sabtu, Minggu, Senin, bisa normal volume kendaraan bermotor setelah hari Senin, ASN libur sampai hari ini," jelas Agustinus.

Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Ketua NasDem Sumut : Tanpa Mahar

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin melepas keberangkatan Bus Mudik Gratis Idul Fitri 1445 H di Terminal Terpadu Amplas.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut

Agustinus menjelaskan antisipasi pada arus balik Lebaran ini, dominasi kepadatan jalur mudik berada di objek wisata. Sehingga menimbulkan volume kendaraan bermotor melebihi kapasitas jalan. Dampaknya, terjadi kemacetan di sekitar lokasi wisata, seperti di kawasan Danau Toba, di Parapat Kabupaten Simalungun dan Berastagi, Kabupaten Karo.

Halaman Selanjutnya
img_title