Konsultasi Pendidikan Citra Sumut Serahkan Penghargaan Kepada Prof Syawal Gultom

Konsultasi Pendidikan Citra Sumut serahkan penghargaan kepada Prof Syawal Gultom.
Sumber :
  • Dok Unimed

VIVA Medan - Akademisi dan Guru Besar Unimed, Prof. Syawal Gultom, menerima penghargaan dari Lembaga Konsultasi Pendidikan Citra Sumatera Utara, atas peran aktif dan ide-ide gagasan solutif yang terus digaungkan berbagai pertemuan ilmiah secara regional, nasional dan internasional dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

Prof. Syawal merupakan satu dari tokoh pendidikan Indonesia yang sangat paham tentang keadaan pendidikan di Indonesia dan berdasarkan analisis berbagai tokoh layak didaulat menjadi menteri pendidikan. Pemberian penghargaan berupa poster gambar yang berisi dalil pembangunan bangsa 'Membangun Negeri Dari Sekolah' tersebut langsung di serahkan oleh Ketua Lembaga Konsultasi Pendidikan Citra Sumatera Utara Dr. Dionisius Sihombing di ruang kerjanya di Gedung Biro Rektor Unimed Adapun alasan untuk pemberian tanda apresiasi itu adalah karena Dion sangat setuju dan mengamini dalil pembangunan negeri yang dicetuskan Prof. Syawal Gultom. Dion merasa optimis bahwa bangun tidaknya suatu bangsa atau negeri harus berawal dari lembaga pendidikan atau sekolah dan itu bisa terjadi apabila pendidikan diselenggarakan secara berkualitas dan bermutu.

"Kenapa kualitas pendidikan nasional belum baik dan belum menggembirakan saat ini karena penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan belum terjadi secara berkualitas atau bermutu, bahkan karena pengelolaan dan kepemimpinan pendidikan belum dimandatkan kepada tokoh- tokoh pendidikan yang mengerti dan memahami situasi pendidikan nasional," ucap Dion dalam keterangannya, Kamis 28 Maret 2024.

Guru SD Tewas Tersambar Kereta Api di Kota Medan

Hal ini, tentunya menghadirkan pemimpin bidang pendidikan yang tidak mumpuni dalam meracik obat penyembuh atas persoalan pendidikan yang terjadi. Dion yang juga akademisi penemu Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Batak (MSB3) ini sangat meyakini bahwa kemajuan bangsa atau negeri hanya akan terjadi apabila terwujud kemajuan bidang pendidikan.

Menurut Dion, Prof. Syawal Gultom. Akademisi dari Unimed yang telah menjadi kebanggaan dari Unimed dan masyarakat Sumatera Utara bisa meraih gelar tokoh pendidikan nasional karena dinilai telah berkontribusi besar dalam pembangunan bidang pendidikan nasional.

Pemprov Sumut Catatkan Realisasi Pendapatan Daerah Capai Rp12,7 Triliun

"Capaian besar itu menurut saya, tidak lepas dari pengalaman kepemimpinan Prof Syawal Gultom, sebagai Rektor Universitas Negeri Medan selama dua periode," jelas Dion.

Dion mengungkapkan bahwa Prof Syawal Gultom merupakan tokoh sentral yang turut merancang dan mengembangkan kurikulum pendidikan 2013 saat beliau sebagai kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) di Kemendikbud.

Halaman Selanjutnya
img_title