Sambut Ramadan, Lapas Narkotika Pematangsiantar Razia Hunian Warga Binaan

Petugas bersiap melakukan razia hunian warga binaan.
Sumber :
  • Dok Lapas Narkotika Pematangsiantar

VIVA Medan - Lapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar razia hunian warga binaan sebagai deteksi dini menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1445 H bagi umat muslim. Deteksi dini ini, mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban.

Memperingati HBP ke-60, Lapas Narkotika Pematangsiantar Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Pahlawan

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Ucok P Sinabang yang memimpin razia tersebut Jumat 8 Maret 2024 malam. Ucok menuturkan, jika deteksi dini ini kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Katanya, razia ini digelar atas petunjuk dan arahan dari Kalapas Narkotika Kelas IIA Pematang Siantar Robinson Perangin Angin. Hal ini, sebut Ucok, supaya terciptanya lingkungan yang steril, bersih dan terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban.

Polres Binjai Tangkap Pengedar Sabu Siap Antar Tempat

"Kegiatan ini kami lakukan secara rutin supaya menciptakan lingkungan lapas yang kondusif, bersih, dan terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban, ini merupakan salah satu mitigasi risiko yang telah kami lakukan," sebut Ucok P Sinabang.

Ucok P Sinabang mengatakan, penggeledahan ini merupakan salah satu dari bagian tugas dalam hal mengantisipasi terhadap berbagai hal yang bisa mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban. Kondisi saat ini dalam menyambut Ramadan dan menghormati warga binaan yang melaksanakan puasa.

Transaksi Narkoba di Rumah Korban, Awi Diringkus Polres Labusel

"Selain melakukan razia rutin maupun insidentil kita juga tetap melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang dan orang yang masuk melalui P2U. Ini bertujuan untuk meminimalisir barang-barang yang terlarang masuk kedalam Lapas," tuturnya.

Razia Lapas tersebut, Ucok juga memberikan arahan terhadap WBP penghuni kamar mengenai aturan-aturan yang ada di dalam Lapas. Serta mengajak untuk turut serta menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan lapas.