KPU Binjai Terima Surat Suara Pemilu 2024 Secara Bertahap

Ketua KPU Binjai, Anton Indratno (dua dari kiri) menerima surat suara.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai telah menerima distribusi surat suara untuk kebutuhan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

"Sudah kita terima tadi malam. Untuk Sumut, kebetulan KPU Binjai yang terakhir terima," kata Ketua KPU Kota Binjai Anton Indratno, Senin 8 Januari 2024.

Dari seluruh kebutuhan surat suara Pemilu 2024, Anton sebut, sejauh ini pihaknya baru menerima surat suara Pilpres dan DPD RI. Untuk logistik pemilu lain, antara lain surat suara kebutuhan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Calon Anggota DPR RI, DPRD Provinsi Sumatera Utara, dan DPRD Kota Binjai, belum diterima.

Golkar antara Ijeck dan Bobby di Pilgubsu, Pengamat Sorot Kepentingan Elit Jakarta

"Kalau berdasarkan jadwal pengiriman, seharusnya surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Sumatera Utara, dan DPRD Kota Binjai kota terima tanggal 9 Januari ini. Tapi dari hasil monitoring kita, kemungkinan hari ini sudah dapat kita terima," katanya.

Terkait proses sortir dan pelipatan (sorlip) surat suara, menurutnya, kegiatan tersebut baru akan dimulai setelah seluruh surat suara kebutuhan Pemilu 2024 diterima KPU Kota Binjai dengan jumlah keseluruhan mencapai lebih dari 1,1 juta lembar.

Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Sekretaris Golkar Sumut: Tidak Ada Mahar

"Setelah semua surat suara kita terima, maka proses sorlip baru dapat kita mulai. Jangka waktunya itu lima hari, dan dipusatkan di Gudang Logistik KPU Binjai. Kita targetkan perhari satu petugas sorlip seribu lembar surat suara," katanya.