Ratusan Warga Etnis Rohingya di Langkat, Pj Gubernur Sumut: Sudah Dilokalisir di Suatu Tempat

Ratusan pengungsi etnis Rohingya masuki wilayah Kabupaten Langkat.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin mengaku sudah menerima laporan ratusan imigran Rohingya masuki wilayah Sumut melalui perairan kawasan Desa Kuala Besar, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Sabtu malam, 30 Desember 2023, sekitar pukul 23.00 WIB.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

Berdasarkan informasi diperoleh terdapat sekitar 170 orang Rohingya. Hassanudin mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, sudah menyampaikan laporan ke Pemerintah Pusat.

"Memang tadi sudah disampaikan oleh pak Pangdam (Bukit Barisan), dan sudah dilaporkan juga ke Pusat. Bahwa kita kedatangan pengungsi dari Rohingya, secara detailnya tadi sudah disampaikan," ucap Hassanudin kepada wartawan, di Kota Medan, Minggu malam, 31 Desember 2023.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Hassanudin mengatakan pihaknya sudah berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, untuk memberikan lokasi penampungan sementara di Desa Kuala Besar.

"Dan tadi sudah diterima, dan sudah dilokalisir disuatu tempat dan tidak terkontelasi dengan masyarakat. Secara awal kita, sudah berikan bantuan dasar. Nanti akan kita tangani sesuai mekanisme yang ada, sesuai dengan arahan dari atas," jelas Hassanudin.

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, menjelaskan pihaknya menunggu petunjuk dan arahan dari Pemerintah Pusat, untuk tindak lanjut bagaimana proses selanjutnya, ratusan Rohingya tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title