Banjir Bandang Terjang Kabupaten Tapanuli Utara, 7 Rumah Warga Rusak

Banjir bandang menerjang Kabupaten Taput.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Banjir bandang menerjang Dusun Huta Baru Lobuharambir, Desa Bonanidolok, Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Akibat bencana alam itu, 7 rumah warga rusak.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Kepala Seksi Humas Polres Tapanuli Utara, Ipda B Gultom menjelaskan bahwa banjir bandang, diduga dipicu intensitas hujan yang tinggi, berlangsung sejak Rabu sore, 20 Desember 2023 hingga Kamis pagi, 21 Desember 2023.

"Mengakibatkan air dari atas perbukitan, meluap serta membawa batu-batuan dan kayu yang tumbang mengalir perkampungan," ucap B Gultom dalam keterangannya, Kamis 21 Desember 2023.

Tingkatkan Keamanan, Lapas Siborongborong Kolaborasi Bersama Polres Taput Cek Pemeliharaan Senpi

Dampak banjir bandang ini, membuat 7 rumah warga milik Dingin Sihombing, Ehwani Sitompul, Rudin Sitompul, Rukayah Sitompul, Lubuk Siregar, Sekber Silalahi dan Dorima Sitompul, seluruhnya mengalami kerusakan. Namun, tidak menimbulkan korban jiwa.

"Di dusun itu, ada warga yang tinggal sebanyak 17 Kepala Keluarga. Namun yang mengalami kerusakan hanya 7 unit dan yang lainnya hanya terdampak banjir bercampur bebatuan. Sedangkan korban jiwa tidak ada," jelas B Gultom.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

Rumah warga tertimbun material banjir bandang yang menerjang Taput.

Photo :
  • -

B Gultom menjelaskan lokasi bencana alam, yang diterjang banjir bandang tersebut, berada di bawah perbukitan sehingga saat hujan deras air datang dari atas bukit dan meluap ke kampung tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title