Pameran Produk Andalan di Lake Toba Fashion 2023, Dorong Pertumbuhan UMKM

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin mengunjungi stand pameran produk Sumut saat pembukaan Fashion Week 2023.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Puluhan stan pameran produk unggulan turut memeriahkan event Lake Toba Fashion Week & Agriculture yang diselenggarakan di kawasan wisata alam di tepian Danau Toba, tepatnya di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbahas, Provinsi Sumatera Utara.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Puluhan ribu pengunjung pun antusia memadati stan pameran yang berasal dari sekawasan Danau Toba hingga luar provinsi lain, seperti Palembang dan Indramayu. Masing-masing stan memamerkan produk unggulan yang dianggap sebagai ciri khas suatu daerah.

Seperti Dekranasda Sumut yang menampilkan tas anyaman yang terbuat dari pandan, baju etnis, kain ulos, batik bermotif, serta oleh-oleh berupa cemilan keripik. Selain itu, sejumlah kabupaten lainnya yang memamerkan produk andalan seperti dari Dekranasda Humbang Hasundutan (Humbahas), Pakpak Bharat, Karo, Dairi, Simalungun, Tapanuli Utara (Taput), Toba, dan Samosir.

Apresiasi Pergerakan DPW Sumut, Ketum GARPU Pietra M. Paloh Dorong Kader Maju Pilkada Serentak

Adapula stan Kemenkumham, Kementerian Koperasi dan UMKM. Adapun stan-stan tersebut menampilkan seperti kain songket, kopi dan pengolahan kopi, batik, makanan khas daerah berupa lapet ubi dan pohul-pohul, daun kopi panggang, cemilan keripik, dan lainnya.

Setelah membuka event Lake Toba Fashion Week & Agriculture, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin bersama Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut Dessy Hassanudin mengunjungi stan yang turut meramaikan event tersebut.

Dituding Jadi Perusak Lingkungan, Masyarakat Adat Demo DPRD Sumut Tuntut PT TPL Ditutup

Hassanudin bersama istri melihat sejumlah produk unggulan yang dipamerkan setiap stan. Dengan wajah terkesima dan penuh simpati, Hassanudin bersama Ketua Dekranasda Sumut bangga dan terus memotivasi pelaku usaha untuk terus berinovasi dalam memproduksi produk unggulan.

"Semoga dengan event ini pelaku usaha yang ada di Sumut terus mengembangkan kreativitas. Produk yang dihasilkan terus berinovasi sehingga produk-produk unggulan kita bisa dikenal mancanegara. Produk unggulan ini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung ke salah satu daerah untuk menjadi oleh-oleh," ucap Hassanudin, dalam keterangan tertulis, Sabtu 7 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title