Pengamat Komunikasi Menilai Sosok Edy Rahmayadi : Pemimpin Cukup Berhasil

Edy Rahmayadi dan istri, Nawal Lubis.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Lima tahun menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara (Sumut), ada perubahan dalam cara Edy Rahmayadi berkomunikasi.  Hal itu diungkapkan oleh Pengamat Komunikasi dari Universitas Sumatera Utara (USU) DR. Iskandar Zulkarnain, M.Si. 

37.573 Peserta Ikuti Seleksi Rekrutmen PPS Pilkada Serentak 2024 di Sumut

Dari amatannya, perubahan itu terlihat usai serah terima jabatan Edy Rahmayadi.  Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat Edy Rahmayadi menyalami para ASN, masyarakat yang berkumpul. Tak hanya itu saja, ia juga melambaikan tangannya. 

"Ada perubahan sedikit. Kemarin sampai diarak, dia salam, dia lambai tangan itu yang saya lihat perubahannya," jelas DR. Iskandar Zulkarnain, M.Si, Jumat 8 September 2023.

Pujakesuma Jajal Kekuatan Paguyuban untuk Adi Saputra Jadi Bacawagub Sumut

Dibandingkan diawal menjabat, komunikasi mantan Pangdam I Bukit Barisan itu dengan masyarakat dan jurnalis terlihat kurang komunikatif.  Menurut Iskandar, kemungkinan hal itu disebabkan latar belakang Edy sebagai Prajurit TNI dan memiliki pangkat yang tinggi.

"Setelah purnawirawan, kemudian jadi orang nomor satu di Pemerintahan Sumut. Punya kuasa, jadi terbawa komunikasi TNI-nya," papar Iskandar. 

Harga Meroket, KPPU Jadwalkan Pemanggilan Importir dan Distributor Bawang Putih

Menurutnya, hal yang lumrah apabila komunikasi publik mantan Pangkostrad itu kurang luwes. Karena komunikasi sebagai TNI tentu berbeda dengan masyarakat umum.

"Tapi gak bisa juga kita salahkan secara total. Karena dia puluhan tahun bertugas di militer. Jadi prilakunya sudah tertempa. Dengan perubahan itu, ya kita hargai juga mau berubah," kata Iskandar yang saat ini jabat Ketua Prodi S2/S3 Ilmu Komunikasi USU.

Halaman Selanjutnya
img_title