Libur Panjang Pekan Ini, 22 Ribu Tiket KA Bandara Medan Ludes Terjual

Aktifitas penumpang di Stasiun Kereta Api Medan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - PT Railink (KAI Bandara) menyesuaikan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 baru mulai 1 Juni 2023 kemarin. GAPEKA 2023 akan menggantikan GAPEKA 2021 dan mengubah pola operasi berbagai perjalanan KA, termasuk di antaranya KA Bandara Kualanamu dan Yogyakarta International Airport (YIA).

Pegadaian Kanwil 1 Medan Berangkatkan 45 Jamaah Umrah Akbar

Libur panjang pekan ini, membuat masyarakat ingin menggunakan Kereta Bandara untuk akses ke bandara dan menuju pusat kota khususnya di Yogyakarta dan Medan. Sehingga suasana ruang tunggu yang ramai dan penuh dengan masyarakat yang sedang menikmati libur panjang di Yogyakarta dan Medan, memberikan suasana berbeda pada suasana ruang tunggu di stasiun Tugu & YIA Yogyakarta serta suasana stasiun Kualanamu & Medan.

Terlihat pada akses gate in stasiun Tugu Yogyakarta, yang sangat penuh tersebut dikarenakan antrian penumpang, yang terjadi dikarenakan berdasarkan sistem pada gate in itu baru akan terbuka saat 30 menit sebelum keberangkatan kereta.

Guru SD Tewas Tersambar Kereta Api di Kota Medan

“Hal ini, terjadi saat arus mudik yang lalu. Kemudian, dibuat kebijakan baru untuk sistem gate in, dibuka secara manual dengan tujuan antrian penumpang tidak mengular. Sehingga ruang tunggu tetap terisi, untuk penumpang yang akan berangkat dengan jadwal 30 menit sebelum keberangkatan” ucap Direktur Utama PT Railink, Porwanto Handry dalam keterangan tertulis, Sabtu 3 Juni 2023.

Porwanto mengatakan untuk tiket KA Bandara Reguler Yogyakarta terhitung jadwal baru keberangkatan 1 Juni 2023 selama libur panjang sampai tanggal 4 Juni 2023 mendatang sudah ludes habis terjual sebanyak 15 ribu tiket dan 4 ribu tiket YIA Xpress terjual selama libur Panjang minggu ini.

Selama Angkutan Lebaran 2024, KAI Sumut Angkut 187.584 Penumpang

"Sedangkan, untuk KA Bandara Medan sudah terjual per tanggal 1-4 Juni 2023 sebanyak 3 ribu tiket, total keseluruhan ada 22 ribu tiket sudah ludes terjual,” tutur Porwanto.

KAI Bandara juga mengimbau kepada calon penumpang untuk terus memperhatikan rencana perjalanannya, salah satunya dengan memesan tiket dari jauh hari H-7 sebelum keberangkatan melalui berbagai kanal pembelian yang tersedia, yakni aplikasi KA Bandara dan KAI Access, serta laman web www.railink.co.id.