Pentingnya Membaca Alquran Baik dan Benar, Tuan Guru Sahabat Ganjar Latih Makhorijul

TGS Ganjar Sumut latih makhorijul huruf warga di Deliserdang.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pentingnya membaca Alquran yang tepat sesuai dengan hijaiyah, mendorong relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) memberikan pelatihan kepada masyarakat. Pelatihan ini dilakukan agar umat muslim memahami makhorijul atau ketepatan huruf.

Edy Rahmayadi dan Pj Gubernur Sumut Salat Idulfitri Bersama Ribuan Masyarakat

Sebab itu, mereka menggelar pelatihan makhorijul huruf ini digelar TGS Ganjar Sumut di Desa Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Sumut, Jumat 26 Mei 2023. Relawan pendukung Ganjar Pranowo itu ingin agar masyarakat bisa mempelajari makhorijul huruf dengan baik dan benar.

Koordinator Wilayah TGS Ganjar Sumut, Zulfi Andika menjelaskan, bahwa makhorijul huruf memiliki arti tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf tersebut dibunyikan. Dia menyebut, makhorijul huruf merupakan metode yang baik untuk belajar membaca Alquran yang baik dan benar.

Sambut Lebaran, Asian Agri Gelar Bazar Minyak Goreng dan Beras Premium Harga Terjangkau

"Makhorijul huruf ini sangat penting untuk dipelajari, karena begitu nanti huruf hijaiah salah melafalkannya, itu bisa berbeda maknanya," kata Zulfi.

Pelatihan mahkorijul huruf yang digelar relawan TGS meliputi pengenalan tajwid, pelafalan huruf hijaiah dan tajwid yang benar hingga cara menulis huruf hijaiah dengan rapi. Puluhan warga dari berbagai daerah di Kecamatan Sunggal ikut serta dalam pelatihan dari relawan TGS Ganjar ini. Mayoritas dari mereka merupakan jemaah dari majelis-majelis taklim di Sunggal.

Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Sekretaris Golkar Sumut: Tidak Ada Mahar

"Kami mengundang pemateri yang terampil, paham, dan juga fasih dalam membaca Al-Qur’an. Dia mampu dan memang membidangi bidang ilmu tajwid dalam membaca Alquran," jelas Zulfi.

Proses pelatihan berlangsung interaktif. Para peserta diajak berpraktik langsung membaca Alquran sesuai dengan makhorijul huruf yang telah diajarkan. Zulfi berharap pelatihan ini bisa menambah wawasan dan keterampilan warga dalam membaca Alquran yang baik, benar, dan sesuai dengan terjemahannya.

Halaman Selanjutnya
img_title