Sumut akan Jadi Daerah Pertama Jalani Program Konversi Motor BBM ke Listrik

Direktur EBTKE Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana (kiri)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengenalkan program konversi motor bahan bakar minyak (BBM) menjadi bertenaga listrik. Ke depannya kendaraan bermotor diharapkan menjadi ramah lingkungan. Wilayah Sumatera Utara akan menjadi daerah pertama yang digandeng untuk menjalani program ini. 

Penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut, KONI Berharap Lebih Baik Lagi, Dibandingkan Jabar dan Papua

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, saat bertemu dengan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah di Rumah Dinas Jabatan Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Kota Medan, Kamis 12 Januari 2023. 

“Kita hari ini secara khusus menjumpai Pak Wagub pesan dari Bapak Menteri untuk melihat daerah pertama yang akan kerja sama dalam program konversi dari motor BBM ke listrik,” kata Dadan. 

Jelang Pelaksanaan PON 2024, Pj Gubernur Sumut : Persiapan Terus Disempurnakan

Baca juga:

Dadan menjelaskan, program tersebut merupakah langkah pemerintah untuk menekan emisi dan biaya energi di masa depan. Itu akan berdampak terhadap ramah lingkungan. 

F1 Powerboat 2024 Dulang Keuntungan, Pj Gubernur Sumut: Perputaran Uang Sangat Besar Rp 300 Miliar

“Kami sudah hitung secara nasional kalau konsumsi rata-rata BBM sepeda motor yakni pertalite mencapai 25 liter atau tepatnya 25,4 liter per bulan. Nah kalau ini dihitung dengan harga pertalite sekarang itu bisa hemat biaya Rp3,6 juta dikurang Rp 600 ribu untuk biaya listrik jadi Rp 3 juta,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title