3 Koperasi Sawit di Sumut Mendapat Kepercayaan Mengelola Pabrik Minyak Makan Merah

RAT Koperasi Sawit Bukit Kijang Asahan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Kementerian Koperasi dan UKM RI mempercayakan pengelolaan pabrik minyak makan merah di 3 Koperasi Sawit yang ada di Sumut. Ketiga koperasi sawit itu, adalah Koperasi Produsen Sawit Unggul Sejahtera di Langkat, Koperasi Petani Pujakesuma Deliesrdang dan Koperasi Produsen Petani Bukit Kijang Asahan.

Sosok Pemimpin Semua Golongan, BKPRMI Sumut Dukung Ijeck Maju di Pilgub Sumut

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Ir Suherman MSi, melalui Kabid Kelembagaan Drs Unggul Sitanggang MSi kepada wartawan di Medan, Selasa 18 April 2023.

"Nantinya untuk pengadaan lahan dan pembangunan pabrik minyak makan merah itu," ujar Kabid Unggul Sitanggang.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Didukung dan difasilitasi PTPN 2, PTPN 3, termasuk alih teknologi mesinnya dan dukungan permodalan dari LPDB Kemenkop UKM RI ke masing-masing koperasi sesuai ketentuan yang berlaku. Kemudian bahan baku untuk produksi minyak makan merah, adalah disuplai dari para anggota koperasi, yang juga petani sawit.

Hadirnya nantinya pabrik minyak makan merah di 3 koperasi tersebut, merupakan pilot Program Nasional Kemenkop UKM RI yang keseluruhannya dilaksanakan pada 5 koperasi sektor riil di Indonesia.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

"Kepercayaan Pemerintah Pusat untuk Sumatera Utara ini sekaligus sebagai perwujudan visi misi Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah, yakni menuju Sumatera Utara yang bermartabat, termasuk dalam bidang ekonomi di dalam upaya mensejahterakan para petani sawit di sumut yang berkolaborasi dengan wadah koperasi," sebut Unggul.

Soal produk minyak makan merah di Sumut, jelas Unggul Sitanggang lebih lanjut, telah memenuhi beberapa proses penelitian oleh Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Jalan Brigjend Katamso Medan. Minyak makan merah yang diolah dari minyak sawit, mengandung komposisi asam lemak yang seimbang dan fitonutrien seperti provitamin A, vitamin E, Squalene, Fitosterol, Ubiquinone dan Lycopene yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama untuk mencegah stunting.

Halaman Selanjutnya
img_title