Esports Resmi Dipertandingkan di PON 2024, Menpora Dito : Ini Momen Bersejarah

Menpora RI, Dito Ariotedjo buka cabor Esport PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo secara resmi membuka cabang olahraga (Cabor) Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumut di venue MICC Jalan Gagak Hitam, Medan, Jumat malam, 13 September 2024.

Meski Baru Eksibisi, Honor Of Kings Diharapkan Masuk Nomor Cabor Esport di PON 2028

Sebagai informasi, PON tahun ini, Esports baru ditandingkan resmi, yang sebelumnya dipertandingkan sebagai eksebisi pada PON 2020 di Papua. Indonesia menjadi juara umum cabor Esports dengan raihan, tiga medali emas dan dua perak di SEA Games 2023 di Kamboja.

"Ini momen bersejarah, dan saya merasa terhormat dan terpanggil ke sini (Sumut). Ini perdana cabang Esports dan juga sejarah setelah eksebisi di PON Papua kemarin," ucap Menpora RI, Dito Ariotedjo, dalam sambutannya.

Eksibisi HOK PON 2024 : Jabar Medali Emas, Banten Perak dan Sumut Perunggu

Dito memuji bila Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) memiliki intelijen yang tinggi yang mampu membaca masa depan. Cabor ini, mampu mengharumkan Indonesia dalam pertandingan tingkat internasional. "Dua tahun lagi akan ada Olympic Series dimana Esports akan dipertandingkan di Olimpiade. PBESI memiliki tugas lagi untuk mempersiapkan atlet Esportnya. Apalagi saat ini kita punya atlet kelas dunia, jadi tidak salah kita, menargetkan harus meraih emas di ajang olympic series nantinya," ucap Dito.

Dito mengatakan bahwa melihat dampak Esports yang cukup positif terkhusus ekosistem Esports sendiri, terus berkembang baik dan banyak peminatnya di tanah air ini. "Esport berdampak terhadap ekosistem esport itu sendiri. Olahraga selain bisa mencetak prestasi dan jiwa sportifitas juga dampak ekonomi dan industri. Esports harus menjadi projec olahraga industri di Indonesia," kata Dito.

Atlet Boling Jatim Sabet Medali Emas Nomor Tim 4 Putri di PON 2024

Dito juga memuji venue Esports di Sumut sebagai venue terbaik yang pernah ada. Ia mengapresiasi Panitia Besar (PB) PON 2024 wilayah Sumut menyelenggarakan cabor Esports dengan baik dan profesional. "Saya rasa ini menjadi venue terbaik yang pernah ada. Final saya akan hadir lagi di sini. Selamat bertanding. Dan untuk atlet mindsetnya harus diubah ini PON terakhir dan ke depan harus main di Olympic Esports. kita harus berfikir maju ke depan. Ini kesempatan dan momentum emas. Sukses buat PBESI akan dedikasinya," kaya Dito.

Sementara itu, Ketua Harian PBESI Komjen Pol (P) Bambang Sunarwibowo mengungkapkan PON 2024 ini, sebagai tonggak sejarah Esport. Tentu hal luar biasa, karena sejak berdirinya 2019, akhirnya dipertandingkan dalam PON tahun ini. Dirinya juga mengajak seluruh pihak memanfaatkan momentum sebagai daya saing nasional dan global.

Halaman Selanjutnya
img_title