PON 2024: Mental dan Psikologi Menurun, Atlet Panahan Sumut Butuh Psikolog juga Ujicoba

Atlet Pelatda panahan Sumut PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Atlet panahan Sumatera Utara (Sumut) yang sedang menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) persiapan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut minta pendampingan psikolog.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Permintaan pendampingan itu diyakini banyaknya tantangan dan tuntutan yang dihadapi atlet panahan hingga mengalami masalah kesehatan mental. Tidak hanya mempengaruhi mental, tapi juga mengganggu performa atlet yang berpotensi menyebabkan tidak fokus.

“Dari evaluasi yang kami lakukan dengan tim pelatih, atlet yang berlatih telah memenuhi target untuk mencapai skor yang telah ditentukan atau mumpuni seimbang dengan atlet Pelatnas. Namun, saat mengikuti uji coba skor dalam pertandingan anjlok tidak sesuai dengan saat latihan," ungkap Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Sumut, M Said Tanjung, Rabu 29 November 2023.

Percasi Sumut Siapkan 5 Pecatur Putri Tampil di PON 2024

Hal tersebut dikatakan Said saat kunjungan perwakilan Dispora Sumut Isna Niyah meninjau Pelatda atlet panahan Sumut di lapangan panahan UPT Disporasu Jalan Wiliem Iskandar Medan. Ia mengatakan masalah yang terjadi tidak dipungkiri percaya diri para atlet menurun.

Panahan Sumut target 3 medali di PON 2024.

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA
Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

Katanya, banyak faktor penyebabnya. Antara lain, atlet merasa gugup atau juga terasa sebagai beban. Sementara saat latihan yang sifatnya tanpa beban, atlet malah bisa mencapai skor nasional.

"Ini salah satu alasan mengapa kami rasa memang perlu adanya pendampingan mental dan performa psikologis ini, yang akan kami berikan kepada atlet sehingga dapat meningkat mental tentunya mental juara pada PON nantinya,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title