PON 2024: Ditarget 1 Emas, Angkat Berat Sumut Keluhkan Gizi hingga Peralatan Latihan Minim

Atlet Pelatda angkat besi Sumut yang dipersiapkan untuk PON 2024.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Atlet angkat besi yang masuk dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumatera Utara (Sumut) keluhkan minimnya sarana dan peralatan latihan. Di PON XXI/2024 Aceh-Sumut itu, atlet angkat besi Sumut ditarget 1 medali emas.

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap dan Tersangka Kasus Narkoba, Profilnya Mengejutkan

Hal tersebut diungkapkan Pelatih Angkat Besi Pelatda PON Sumut, Supeni menuturkan, target 1 emas di PON 2024 itu tidak sebanding dengan kebutuhan dan keperluan atlet. Mulai dari gizi, suplemen, sampai kepada sarana dan prasarana.

“Karena sampai saat ini pengajuan kami belum terpenuhi. Tentu kami juga tidak bisa salahkan keadaan. Saya ingin atlet saya tetap percaya diri dan termotivasi meski banyak kendala, tapi bila diizinkan kebutuhan dan keperluan atlet dipenuhi itu bisa mendongkrak prestasi," ujar Supeni dihadapan perwakilan Dispora Sumut Arma Winarti Hasibuan, saat meninjau latihan di GOR PABSI, Helvetia, Deli Serdang pada Selasa 28 November 2023.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Saat ini 13 atlet angkat besi Pelatda berjalan PON Sumut, yakni, Abdian Bosar Hasibuan (55 kg/Pa), Sukani Satrio (67 kg/Pa), Ilham Taufik (73 kg/Pa), Alfredo Sitorus (81 kg/Pa), dan Ali Rahman (95 kg/Pa).

Lalu Dimas Prasetiyo (102 kg/Pa), M Faridho (109 kg/Pa), Rasis Azazi (109+ kg/Pa), Nuraini (49 kg/Pi), Yolanda Putri (55 kg/Pi), Fara Dilla (64 kg/Pi), Ery Oktavianda (76 kg/Pi), dan Anggi Aulia (81 kg/Pi).

HUT ke-76 Provinsi Sumut, Pj Gubernur: Jadi Ajang Evaluasi dan Introspeksi

Supeni merincikan, sejumlah kendala dihadapi Pelatda PON Sumut ini. Paling utama tentu gizi dan suplemen atlet. Keduanya belum tercukupi.

“Kalau lah gizi diperbaiki sesuai standar nasional, tentu suplemen tidak jadi suatu kebutuhan. Suplemen paling untuk menutup kurangnya saja. Tapi ini duanya kurang jadi tidak balance, “ jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title