PON 2024: Stamina Atlet Voli Sumut Digenjot, Ambisi Patahkan Dominasi Jawa

Latihan atlet voli Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Atlet voli Sumatera Utara yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, kini terus ditingkatkan. Persaingan voli di PON akan semakin ketat dan diprediksi masih didominasi Pulau Jawa plus Jakarta.

Dukung PWI Sumut Ikut Porwanas Banjarmasin, FPKS Perjuangkan Anggaran di APBD 2024

Ketua Umum Pengurus Besar Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Sumatera Utara, Wiko Siregar mengatakan, stamina para atlet terus digenjot juga soal teknik permainan yang menjadi menu latihan.

"Melihat perkembangan Voli di Indonesia saat ini, kita memang harus memacu diri mengingat persaingan olahraga Voli begitu kompetitif. Terlebih dalam menghadapi atlet voli Jawa Barat dan Jawa Timur. Apalagi di dua provinsi itu ada atlet nasionalnya," kata Wiko, Selasa 28 November 2023.

1.438 Atlet dan Pelatih Pelatda PON Sumut Dicover BPJS Ketenagakerjaan, Jamin Rasa Aman dan Nyaman

Katanya, dalam sesi latihan selama 6 jam sehari (pagi dan sore), kata Wiko, tim Voli Sumut - selain menggenjot kesiapan fisik sebagaimana yang diatur KONI Sumut - juga mempertajam teknik-teknik dalam permainan.

"Saat ini jangkauan lompatan atlet Voli kita sudah mendekati di angka 3 meter (2,8 meter) dari standar nasional 3,2 meter. Ini terus kita pacu sampai mendapat hasil maksimal," bebernya.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Menurut Wiko, sekuat apapun lawan yang dihadapi nanti, tentu saja tim Voli Sumut harus siap secara menyeluruh. Tentunya yang utama adalah kesiapan mental bertanding. Para atlet voli Sumut ini pun diharapkan mampu mematahkan dominasi tim voli Pulau Jawa dan DKI Jakarta, yang selama ini mendominasi. 

Dalam perekrutan atlet Voli, kata Wiko, PBVSI Sumut telah melakukan proses seleksi penjaringan sejak 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title