WRC 2025 di Danau Toba, Menpora Dorong IMI Persiapkan Diri

Menpora RI, Dito Ariotedjo kunjungi paddock Bla Bla Bla Motorsport di Danau Toba Rally 2023.
Sumber :
  • Haris Dasril/VIVA Medan

VIVA Medan - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo mendorong Sumatera Utara mempersiapkan diri menjadi tuan rumah World Rally Championship (WRC) 2025. Menpora tegaskan mendukung kawasan Danau Toba menjadi arena adu balap mobil tersebut.

Pembalap F1 Powerboat 2024 Danau Toba Mulai Berdatangan Melalui Bandara Silangit

Hal tersebut dikatakan Dito saat menyaksikan ajang Danau Toba Rally 2023 di perkebunan Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu 25 November 2023. Ajang rangkaian Grand Final APRC dan Kejuaraan Nasional Rally 2023 ini, menurut Dito, sebagai bentuk keseriusan PP IMI dan IMI Sumut mengelar kejuaraan dunia Rally itu.

"Saya rasa momentum tersebut sangat bagus dan harus kita manfaatkan dengan sebaiknya. Ini harus kita ambil karena ini akan sangat berdampak pada pariwisata Danau Toba. Saya rasa bukan hal yang mustahil untuk kita mengambil WRC itu," katanya dihadapan Pembina IMI Sumut, Musa Rajekshah di paddock tim Bla Bla Bla Motorsport.

F1 Powerboat 2024 Dulang Keuntungan, Pj Gubernur Sumut: Perputaran Uang Sangat Besar Rp 300 Miliar

Sebagai salah satu bentuk dukungan, lanjut dia, saat meninjau pelaksanaan Asia Pacific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023 yang saat ini berlangsung, pihaknya akan melakukan pendampingan nantinya saat melakukan bidding atau penawaran untuk bisa menjadi tuan rumah WRC Tahun 2025.

"Mengapa pendampingan itu perlu, karena memang biasanya harus ada peran pemerintah dalam hal itu. Demikian juga nantinya saat pelaksanaan kejuaraan harus ada pendampingan dari pemerintah baik dari segi anggaran maupun saat mencari sponsor," katanya.

Pj Gubernur dan Kapolda Sumut Tinjau Venue F1 Powerboat, Pastikan Persiapan Berjalan Maksimal

Musa Rajekshah bersama Menpora RI, Dito Ariotedjo.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan apresiasi kepada Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang telah menggelar APRC 2023 Danau Toba dengan sangat baik dan yang lebih menggembirakan reli itu bukan hanya diikuti tim tim dalam negeri, namun juga dari sejumlah negara. Seperti Thailand, New Zealand, dan India.

Halaman Selanjutnya
img_title