Minta Tambahan Atlet dan Dayung, Arung Jeram Sumut Target 4 Emas PON 2024

Sekretaris FAJI Sumut, Erwin Riza Fahlevi.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Arung Jeram Sumatera Utara (Sumut) harapkan penambahan atlet untuk masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON yang sedang berjalan. Di PON XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara, arung jeram target 4 medali emas.

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut Saat Menuju Malaysia

Hal itu dikatakan Sekretaris FAJI Sumut, Erwin Riza Fahlevi di Posko Publikasi PON XXI/2024 di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatra Utara, Senin 29 Mei 2023. Pengurus Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatra Utara menargetkan bisa meraih empat medali emas.

"Kita menargetkan empat medali emas, dua dari putra dan 2 dari putri. Kita ikut dua kategori yakni R4 dan R6. Kami sudah mempersiapkan langkah-langkah menuju ke sana," kata Erwin.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

PON 2024 ini menjadi spesial bagi cabor Arung jeram, yang akan pertama kali memperebutkan medali di PON XXI/2024 setelah eksebisi di Jawa Barat, dan tak dipertandingkan di Papua. Ada empat kategori yang dipertandingkan di PON 2024 ini. Yakni sprint, head to head, slalom dan down river race.

Hanya saja kendalanya Sumatra Utara saat ini hanya ada 10 atlet. Mereka terdiri dari 6 atlet pria dan 4 atlet perempuan yakni Idam Malik Sinulingga, Yahezkiel Arfin Purba, Nico Syahputra Ginting, Edika Sitepu, Kevin Aryawan Sinaga, Jhon Roy Sinaga, Giana Sonya, Nurul Haniyah Liza, Ira Kusuma Ningtyas, Mozza Arifa Pianka. Mereka mengikuti Pelatda sejak Februari 2023.

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

"Rata-rata mereka sudah punya prestasi di tingkat nasional. Sebenarnya kebutuhan kita 16 atlet. 8 atlet putra dan 8 putri. Kita berharap nantinya pelatda yang kedua Juni nanti ada penambahan. Karena mereka nantinya akan mengikuti semua kategori lomba," tambahnya.

Selama ini para atlet berlatih di lokasi terpisah yakni Sungai Bingei, Langkat, Sungai Tuntungan Medan untuk atlet putra dan Sungai Bah Bolon, Deliserdang untuk putri. Dia berharap nantinya para atlet bisa di TC-kan. Bahkan diterjunkan langsung ke lokasi. Hal ini untuk mempelajari dan beradaptasi dengan lokasi arung jeram.

Halaman Selanjutnya
img_title