SEA Games 2023: Indonesia Finish Posisi Ketiga, Atlet Sumut Persembahkan 7 Medali Emas

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama atlet Sumut
Sumber :
  • Dok Edy Rahmayadi

VIVA Medan - Perhelatan pesta olahraga SEA Games 2023 di Kamboja telah berakhir. Indonesia finish urutan ketiga perolehan akhir medali SEA Games 2023 dengan total 276 medali. Terdiri dari 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap dan Tersangka Kasus Narkoba, Profilnya Mengejutkan

Perbendaharaan medali Indonesia ini, terpaut 50 keping dari Vietnam yang tampil sebagai juara umum dengan total raihan 355 medali. Terdiri dari 136 emas, 105 perak, dan 144 perunggu. Posisi runner-up ditempati Thailand dengan perbendaharaan 312 medali, terdiri dari 108 emas, 96 perak, dan 108 perunggu.

Sedangkan tuan rumah Kamboja yang mendominasi pada awal perhelatan SEA Games 2023, finish diposisi keempat dengan mengemas total 282 medali tediri dari 81 emas, 74 perak, dan 127 perunggu. Dan Filipina mengunci posisi lima besar klasemen akhir SEA Games 2023 dengan perolehan 260 medali, terdiri dari 58 emas, 86 perak dan 116 perunggu.

8 Tim Lolos Perempat Final Piala Asia U-23, Indonesia Tantang Korsel

Dari total perolehan emas yang diraih kontingen Indonesia, 7 diantaranya dipersembahkan atlet asal Sumatera Utara (Sumut). Medali emas tersebut diraih Dara Latifah atas 2 emas dari nomor MTB eliminator putri dan MTB cross country relay mixed.

Kemudian satu emas masing-masing disumbangkan Abdul Hafiz dari atletik nomor lempar lembing. Delbert Tanoto dari cabang e-sport nomor valorent, Toni Kristian Hutapea dari kick boxing, trio Riva Hijraih/Eny Tri Susilowati/Riana Octavia dari cabang kun bokator beregu putri, Rosa Beatrice Malau dari wushu sanda.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Dara Latifah dan Abdul Hafiz, atlet Sumut raih emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Photo :
  • Kolase Foto/VIVA Medan

Selain 7 emas, atlet asal Sumut juga raih 3 medali perak. Masing-masing disumbangkan Samuel Marbun dari wushu sanda dan dua medali dari Haris Horatius dari wushu taolu. Sedangkan delapan medali perunggu disumbangkan Saroha Lumbantobing dari cabang tinju, Rayhan Abdul Latih dari cabang golf.

Halaman Selanjutnya
img_title