Temui Menko Marves, Wagub Ijeck Minta Dukungan World Rally Championship Danau Toba

Pertemuan Luhut Panjaitan dengan Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo dan Wagub Sumut, Musa Rajekshah.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah temui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan harapannya atas percepatan beberapa proyek nasional di Sumut.

Respon PKB Bobby Nasution-Surya Resmi Didukung Golkar di Pilgub Sumut 2024

Proyek nasional tersebut di antaranya pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, Pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei. Ijeck juga mengusulkan status ruas jalan provinsi di Bukit Lawang beralih menjadi ruas jalan nasional dan meminta dukungan atas kejuaraan dunia di bidang sport tourism, di antaranya rally di Danau Toba dan jungle trail run di Bukit Lawang.

“Saya bersama Wakil Ketua DPRD Bapak Harun Mustafa Nasution yang juga Ketua IMI Sumut bertemu dengan Menko Marves, Bapak Luhut. Pada pertemuan ini kami memohon dukungan kepada beliau untuk beberapa proyek pembangunan di Sumut,” ujar Ijeck, sapaan akrab Wagub usai bertemu Menko Marves di Jakarta, Senin 8 Mei 2023.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, PON 2024 Jadi Ajang Promosi Pariwisata di Sumut

Pertemuan yang juga dihadiri Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo ini, Ijeck menambahkan proyek pembangunan tersebut di antaranya Jalan Tol Trans Sumatera. Ia meminta pemerintah memprioritaskan ruas jalan Kisaran-Rantau Prapat-Dumai di tahun 2024 atau masuk ke tahap kedua.

“Jalan tol trans Sumatera saat ini masih sampai Kisaran, kelanjutannya sampai Rantau Parapat hingga Dumai masih dimasukkan dalam tahap ketiga yaitu di atas tahun 2026, kami minta agar ini bisa masuk di tahap kedua yaitu tahun 2024 mengingat efek domino yang didapatkan,” katanya.

Pemprov Sumut Siap Jadikan Penyelenggaraan PON 2024, Paling Unik dan Dikenang

Dengan jalan tol yang menyambung hingga ke Dumai, Ijeck yakin para investor akan lebih tertarik melihat pengguna jalan tol cukup besar, karena Dumai salah satu daerah produksi terbesar kelapa sawit.

Selain itu, Ijeck juga berharap optimalisasi Pelabuhan Kuala Tanjung dan penuntasan masalah harga gas industri di KEK Sei Mangkei. Hal ini dilakukan agar menarik investor untuk berinvestasi dan mempengaruhi okupansi di KEK Sei Mangkei.

Halaman Selanjutnya
img_title