Bank Sumut Siap Berkolaborasi dalam Mendorong Perkembangan UMKM

Bank Sumut gelar diskusi pengembangan UMKM di Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Bank Sumut siap berkolaborasi untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM sektor pertanian dan kuliner di Sumatera Utara ini. Hal itu, disampaikan Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, Syafrizalsyah dalam diskusi, berlangsung di Hotel Ibis Style Medan, Jalan Pattimura, Selasa petang, 19 Maret 2024.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Diskusi dengan mengusung tema 'Bank Sumut Dukung Sektor Kuliner dan Pertanian'. Kegiatan ini, dimoderatori Pengamat Ekonomi Sumut dan Dosen UISU, Gunawan Benjamin dan dihadiri mahasiswa dan media. Lanjut, Syafrizalsyah mengatakan bahwa sejauh ini, dukungan terhadap dua sektor itu sudah dilakukan Bank Sumut dengan melakukan pembiayaan.

"Untuk usaha kuliner dan pertanian itu, Bank Sumut siap selalu bersinergi. Khususnya pertanian," ucap Syafrizalsyah.

Apresiasi Pergerakan DPW Sumut, Ketum GARPU Pietra M. Paloh Dorong Kader Maju Pilkada Serentak

Menurut Syafrizalsyah, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga 2022, total kebutuhan UMKM pertanian, kehutanan dan perikanan di Sumut berkisar Rp6,9 triliun. Sementara hingga Februari 2024 Bank Sumut sudah merangkul 24.130 debitur dengan total 2,9 triiun pembiayaan.

"Posisi tertinggi sektor rumah tangga dan perdagangan. Pertanian berada di tempat ketiga dari kontribusi sebesar 2,9 triliun. Dapat dikatakan per posisi di tahun 2024, kontribusi pertanian, kehutanan dan perikanan, terhadap Sumut sekitar 20-30 persen untuk sektor pertanian. Bank Sumut siap berkolaborasi dengan UMKM di sektor ini," kata Syafrizalsyah.

Pengendalian Inflasi Usai Idulfitri dan Libur Nasional, Ini Pesan Tito Karnavian

Tak terkecuali industri kuliner yang menyerap tenaga kerja hingga 19 ribuan orang di Sumut.

"Di sektor ini kontribusi kita Rp110 miliar yang sudah kita salurkan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title