Rutan Kelas 1 Medan Gelar Pelatihan Da'i, Diikuti 31 Wargabinaan

Rutan Kelas 1 Medan gelar pelatihan Da'i.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Sambut bulan Suci Ramadan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut, menggelar kegiatan Pelatihan Da’i diikuti para wargabinaan. Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keimanan serta ketakwaan.

BSI Maslahat Tabur Kebaikan Capai Rp 11,24 Miliar Selama Ramadan

Kegiatan yang digelar di Aula Sahardjo Rutan I Medan itu juga merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tahun. Kegiatan pelatihan 31 Da'i ini, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Soetopo Berutu. Juga hadir, Kepala Rutan Kelas I Medan Nimrot Sihotang; perwakilan dari Kementerian Agama Kota Medan Suriadi. S.AG. S.PD.I dan Ustad Juaini Baharuddin.MA.

Kegiatan yang mengusung tema 'Jadikan bulan Ramadhan sebagai momentum melatih kesabaran, menggapai ketakwaan, dan mensyukuri nikmatnya dengan saling berbagi'. Kegiatan itu, terlaksana selama dua hari sejak tanggal 9 hingga 10 Maret 2024.

Sambut HBP Ke-60, Lapas Siborongborong Periksa Kesehatan Pegawai dan Warga Binaan

Karutan Nimrot Sihotang mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk warga binaan dengan tujuan memberikan peningkatan ketaqwaan kepada Allah dan memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadan 1445 H / 2024. Adanya pelatihan Da'i, diharapakan nantinya bisa memberikan pencerahan rohani kepada warga binaan lainnya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini saudara-saudara saya semua bisa menjadi da’i-da’i yang baru sehingga Rutan dan Lapas tidak lagi di opini kan sebagai tempat yang kurang baik," jelas Nimrot Sihotang dalam keterangannya, Selasa 12 Maret 2024.

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran 2024, Kehadiran ASN Pemprov Sumut 99,49 Persen

Ia menambahkan, agar masyarakat bisa membantu memberikan ruang dan berkontribusi bagaimana merevolusi pandangan yang kurang baik kepada Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rutan saat bebas nanti. Sehingga mereka sama dengan manusia yang diluar semoga bisa memberikan bekal hidup bagi saudara-saudara WBP.

Kedepan bisa berintegrasi dengan masyarakat secara mandiri. Karutan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta, kepada Kantor Urusan Agama dan Kantor Wilayah sehingga kegiatan ini dapat berjalan.

Halaman Selanjutnya
img_title