Momen Natal 2023, Pj Gubernur Sumut Ajak Wartawan Perkuat Peran Pers

Perayaan Natal PWI Sumut di Deli Room Hotel Danau Toba, Kota Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengajak para wartawan untuk memperkuat peran pers di masyarakat. Peran yang dimaksud antara lain sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial dan lembaga ekonomi.

Perkuat Daya Saing Perkebunan, Ini 4 Strategi Jitu Disiapkan Pemprov Sumut

Ada 9.500 lebih hoaks, menurut data Kementerian Kominfo RI di tahun 2022, dan 62% di antaranya adalah ujaran kebencian. Hal ini, menurut Hassanudin, tidak sejalan dengan ajaran agama yang banyak mengajarkan cinta kasih antarumat manusia.

"Di sinilah menurut kami teman-teman wartawan perlu memperkuat perannya sebagai media informasi, pendidikan dan terutama kontrol sosial," kata Hassanudin, saat memberikan kata sambutan pada Peringatan Natal PWI Sumut di Hotel Danau Toba, Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Kamis malam, 21 Desember 2023.

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

Peran ini semakin penting saat ini, karena sebentar lagi Indonesia akan melangsungkan Pemilu. Media sebagai corong utama informasi memiliki peran krusial menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

"Apalagi sebentar lagi kita Pemilu, Pilkada, Pileg, peran teman-teman semua sangat krusial, agar pesta demokrasi ini berjalan seperti yang kita harapkan," kata Hassanudin.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting berharap wartawan menjalankan profesinya dengan profesional. Sehingga media di Sumut bisa menjadi corong aspirasi masyarakat.

"Jalankan tugas Anda dengan terhormat, profesional sehingga kami masyarakat mendapatkan informasi yang benar, mendidik, sehingga masyarakat kita semakin maju," kata Baskami.

Halaman Selanjutnya
img_title