Aksi Iklim Generasi Muda, Penting untuk Penanganan Perubahan Iklim

Seminar nasional di Fisip USU dengan tema 'Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim melalui Kebijakan Publik'.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Yayasan Perspektif Baru didukung oleh Konrad Adenauer Stiftung (KAS), bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU), menggelar Seminar Nasional Hybrid dengan mengusung tema 'Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim melalui Kebijakan Publik'. Seminar nasional berlangsung di Aula Lantai II FISIP USU, Rabu 4 Oktober 2023.

22.974 Peserta Mengikuti UTBK-SNBT 2024 Dilaksanakan di Unimed

Hadir sebagai pembicara adalah adalah Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan BMKG Dr. Ardhasena Sopaheluwakan, Ketua Institut Hijau Indonesia Chalid Muhammad, dan Dosen FISIP - USU R. Hamdani Harahap.

Kemudian, pidato pembukaan disampaikan Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si., Rektor Universitas Sumatera Utara. Tampil sebagai keynote speaker Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., Kepala Badan BMKG. Sedangkan Pidato Penutup (closing statement) oleh Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP, Dekan FISIP USU.

Sebanyak 37.169 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2024 Digelar di USU

Kegiatan ini, dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan memperdalam, pemahaman generasi muda terhadap penanganan perubahan iklim. Karena Perubahan iklim menjadi satu tantangan paling besar yang dihadapi dunia pada saat ini dan masa depan.

Dengan itu, generasi muda seperti mahasiswa harus didorong berperan aktif dalam berbagai upaya penanganan perubahan iklim, termasuk melalui pendekatan kebijakan publik. Saat ini penanganan perubahan iklim menuntut adanya dukungan sosial politik seperti melalui kebijakan publik.

Indonesia Versi Scimago 2024, USU Kampus Riset Terbaik dan Duduki Peringkat ke-4

Hal ini penting agar upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim dapat berjalan berkesinambungan, serta mendapat dukungan penuh semua pihak. Generasi muda seperti mahasiswa diharapkan menjadi kekuatan penggerak dalam mendorong adanya kebijakan publik, dan mengambil bagian aktif dalam menyuarakan topik ini kepada calon pemimpin Indonesia, baik di pusat maupun daerah.

Peran generasi muda sangat besar untuk mendorong penanganan perubahan iklim menjadi agenda penting dalam pemerintahan mendatang. Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara, jumlah pemilih di Sumut mencapai 10.853.940 pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sekitar 50 persen pemilih di Sumut adalah generasi Z.

Halaman Selanjutnya
img_title