Jaga Kestabilan Harga Kebutuhan Pokok, Disperindag ESDM Sumut Gelar Pasar Murah

Disperindag ESDM Sumut gelar pasar murah di halaman kantor.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Dalam rangka jaga jestabilan harga kebutuhan pokok, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumatera Utara menggelar Pasar Murah, yang berlangsung di halaman Kantor Disperindag ESDM Sumut, di Jalan Putri Hijau, Kota Medan, pada tanggal 29-30 September 2023.

Sambut Lebaran, Asian Agri Gelar Bazar Minyak Goreng dan Beras Premium Harga Terjangkau

Dalam penyelenggaraan Pasar Murah tersebut, Disperindag ESDM Sumut mengelontorkan 2,5 ton beras, 100 papan telur ayam, minyak goreng 600 liter, gula 300 kilogram.

Untuk harga di Pasar Murah, yaitu Beras 5 kilogram harga Rp 53.000, minyak goreng 1 liter Rp 13.000, gula 1 kilogram Rp 12.000 dan telur 1 papan Rp 43.500.

Tinjau Pasar di Medan Jelang Lebaran, Pj Gubsu : Belanja dengan Bijak Sesuai Kebutuhan

Kepala Disperindag ESDM Sumut Mulyadi Simatupang menjelaskan Pasar Murah ini, dalam rangka intervensi harga kebutuhan pokok, harganya terus merangkak, terutama beras. Sehingga pihaknya, melakukan langkah dengan menyalurkan sembako kepada masyarakat dengan harga jual di bawa pasar.

"Jadi, sekarang kita tahu bersama sampai hari ini, harga pangan ini, masih relatif tinggi. Terutama harga beras, jadi kita sudah memanggil juga beberapa suplayer, penyalur untuk bekerja sama dalam Pasar Murah," kata Mulyadi kepada wartawan, Jumat siang, 29 September 2023.

Monitoring Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran, Satgas Pangan Sumut Pastikan Stok Aman dan Harga Stabil

Mulyadi mengungkapkan syarat masyarakat membeli sembako di Pasar Murah cukup menggunakan KTP untuk sekali transaksi. Sehingga Pasar Murah melayani masyarakat secara merata dan tidak boleh membeli lebih dari satu kali.

"Kalau berlebih, takutnya dijual dia lagi pula. Termasuk pegawai boleh membeli. Tapi, dilihat golongannya yaitu golongan rendah," kata Manajer PSMS Medan itu.

Halaman Selanjutnya
img_title