Manfaat Gerakan Salat, Baik Untuk Jantung hingga Otak

Ilustrasi salat.
Ilustrasi salat.
Sumber :
  • Salat Tahajud

VIVA - Salat merupakan kewajiban umat Islam yang wajib dilaksanakan setiap lima kali sehari dengan waktu-waktu yang telah ditentukan. Yaitu waktu subuh, zuhur, ashar, maghrib dan isya. Salat yang merupakan rukun Islam kedua ini wajib didirikan dengan aturan, syarat-syarat, rukun-rukun, dan adab-adabnya yang telah berlaku.

Perlu diketahui juga bahwasanya gerakan salat itu memiliki manfaat yang luar biasa jika dilakukan. Lantas, apa saja manfaat gerakan salat? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya.

Manfaat Gerakan Salat

Dilansir dari NU Online pada Jumat 24 Maret 2023, manfaat gerakan salat diketahui dapat menstabilkan fungsi organ tubuh dengan baik. Salah satunya seperti sujud, di mana posisi kepala lebih rendah dari posisi jantung, sehingga urat saraf pada bagian otak akan terisi oleh darah. Itu yang dapat membuat otak kita dapat berfungsi dengan baik.

Artinya dengan melakukan sujud setiap hari saat slaat, maka otot-otot kepala dapat terbantu untuk lebih direlaksasi. Selain dapat melatih konsentrasi, gerakan salat juga ada esensi yang identik dengan kerendahan hati.

Misalnya seperti gerakan takbiratul ihram, di mana manusia dituntut untuk memusatkan pikiran merendahkan diri ketika ber-tawajjuh kepada Allah. Kemudian diikuti gerakan ruku membungkukkan badan yang menggambarkan sebagai sifat tawadhu.

Gerakan sujud salat (ilustrasi)

Gerakan sujud salat (ilustrasi)

Photo :
  • U-Report
Halaman Selanjutnya
img_title