Puasa Tapi Salat Wajib Tidak Dilaksanakan, Ini Hukumnya

Ilustrasi salat.
Sumber :
  • Salat Tahajud

VIVA - Ramadan yang saat ini dijalankan umat muslim di dunia menjadi momentum untuk memperbanyak amal dan ibadah. Tak hanya puasa yang enjadi kewajiban, salat wajib, sunat serta membaca Alquran pun menjadi akifitas umat muslim saat Ramadan ini.

Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran 2024, Kehadiran ASN Pemprov Sumut 99,49 Persen

Nah, lalu bagaimana hukumnya, puasa namun tidak melaksanakan salat wajib. Puasa dan salat merupakan dua rukun Islam yang saling berkaitan dan memiliki hubungan yang erat.

Kedua ibadah ini harus dilaksanakan oleh seorang Muslim yang mukallaf, yaitu yang sudah baligh, berakal sehat, dan mampu melaksanakan kewajiban-kewajiban agama.

Warga Padati Open House Lebaran di Rumah Pribadi Edy Rahmayadi

Ilustrasi Salat.

Photo :
  • U-Report

Melansir Shahijab.com, dalam Islam, salat merupakan kewajiban yang lebih utama dari pada puasa. Hal ini dapat dilihat dari hadis Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa salat adalah kewajiban pertama yang akan dihisab di akhirat. 

Edy Rahmayadi dan Pj Gubernur Sumut Salat Idulfitri Bersama Ribuan Masyarakat

Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa namun tidak melaksanakan salat, maka ia masih dianggap belum melaksanakan kewajiban agamanya dengan sempurna. Maka, hukumnya bagi seseorang yang berpuasa namun tidak melaksanakan salat adalah tidak sahnya puasanya.

Karena puasa yang sah harus dilakukan oleh seorang Muslim yang melaksanakan kewajiban sholat secara sempurna. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang Muslim untuk menjaga dan melaksanakan seluruh rukun-rukun Islam, termasuk sholat dan puasa sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
img_title