Ini Program Ditawarkan Edy Rahmayadi ke Buruh di Sumut, Salah Satunya UMR yang Layak

Calon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menghadiri Rakerda dan Konsiladasi Pemenangan Pilkada Sumut Partai Buruh Sumut di Hotel Grand Antares, Kota Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Calon Gubernur Sumut nomor urut 2, Edy Rahmayadi menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Konsolidasi Pemenangan Pilkada Sumut Partai Buruh Sumut di Hotel Grand Antares, Kota Medan, Senin sore, 28 Oktober 2024. Edy Rahmayadi bersama calon Wakil Gubernur Sumut, Hasan Basri Sagala, terpilih di Pilkada Sumut tahun 2024, sudah menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kesejahteraan butuh di Sumut ini.

Edy Rahmayadi mengatakan setiap buruh berharap kepada pemimpinnya, agar diberikan Upah Minimum Regional (UMR) yang layak sesuai dengan kebutuhan, menjamin pendidikan bagi anak-anaknya, hingga kesehatan. "Yang diperlukan buruh lah, UMR yang layak. Dicocokkan dengan kondisi yang ada di wilayah itu. Tidak terjadi inflasi, tidak deflasi. Buruh itu, harus itu dia. Kalau dibesarkan bisa deflasi dia, kalau dikecilkan dia bisa inflasi dia. Ini lah kehadiran seorang pemimpin," jelas Edy Rahmayadi kepada wartawan.

Mantan Pangkostrad itu, menjelaskan UMR yang layak dengan kemampuan perusahaan. Jangan sampai UMR tinggi berimbas perusahaan yang tutup. Termasuk, menjaga kestabilan harga pangan sehingga UMR tersebut dapat memenuhi kebutuhan pokok dari buruh tersebut. "Naikan gaji buruh, perusahaan tutup. Tak makan rakyat semua nanti. Seharusnya, harganya (kebutuhan) yang dicocokkan. Turunkan harga, itu lah kebijakan Gubernur," kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi beringinkan Partai Buruh memiliki perwakilan di legislatif, yakni di DPRD Sumut hingga DPRD Kabupaten/Kota. Sehingga mampu menyerap aspirasi para buruh untuk disampaikan kepada pemerintah. "Saya akan membesarkan Partai Buruh, saya perlu legislatif di tingkat DPRD Sumut dan DPRD Kabupaten/Kota. Kalau pusat saya tidak ikut campur, karena bukan wewenang saya," kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi mengungkapkan sudah satu bulan menjalani kampanye mendatangi dan bertemu dengan masyarakatnya di Kabupaten/Kota, banyak mendengarkan keluhan soal kebutuhan pokok hingga pertanian m "Ya pastinya, masalah pangan, logistik. Tidak lepas soal sandang, pangan dan papan itu yang kebutuhan dasar rakyat. Masalah pangan menjadi prioritas. Masalah pertanian, irigasi, masalah pupuk dan masalah panen, ini harus kehadiran seorang pemimpin ke rakyat," kata Edy Rahmayadi.

Mantan Ketua Umum PSSI itu, mengatakan menjalani kampanye tersebut, dengan berbelanja masalah, dengan menyiapkan solusi bagi masyarakat, bila dirinya terpilih kembali menjadi Gubernur Sumut periode 2025-2030 nantinya. "Yang memilih saya, adalah rakyat. Saya harus sampai ke rakyat. Sehingga rakyat tahu saya. Bisa tukar pikiran sehingga rakyat tidak salah memilih pemimpinnya," kata Edy Rahmayadi.