Komitmen Keselamatan, KAI Sumut Gelar Aksi Bersih Lintas Jalur Medan-Bandar Kalipah

KAI Sumut gelar aksi bersih Lintas Jalur Medan-Bandar Kalipah.
Sumber :
  • Dok KAI Sumut

VIVA Medan - Mewujudkan keselamatan Perjalanan Kereta Api (KA) yang aman, nyaman dan selamat menjadi prioritas utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku perusahaan penyedia jasa transportasi KA.

Hal itu, dilakukan salah satunya melalui kegiatan Bersih Lintas yang dilaksanakan PT KAI Divre I Sumatera Utara mulai dari KM 8 + 200 menuju Stasiun Bandar Kalipah, Kabupaten Deliserdang, Kamis 17 Oktober 2024.

Kegiatan Bersih Lintas merupakan cara menstrerilisasi jalur KA dari gangguan perjalanan KA, dengan membersihkan jalur rel dan sekitarnya dari sampah-sampah atau benda-benda tidak layak digunakan dan dianggap dapat mengganggu perjalanan KA.

PT KAI Divre I Sumut mengerahkan sekitar 100 personel, yang terdiri dari internal PT KAI Divre I Sumut dan dibantu dengan instansi keamanan eksternal. Selain melakukan kegiatan bersih-bersih lintas, PT KAI Divre I Sumut, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke jalur KA guna mewujudkan keselamatan perjalanan KA, bersama-sama sesuai amanah UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Pasal 173 menyebutkan masyarakat wajib ikut serta menjaga ketertiban, keamanan, dan keselamatan penyelenggaraan perkeretaapian. Pasal 178 disebutkan setiap orang dilarang membangun gedung, membuat tembok, pagar, tanggul, bangunan lainnya, menanam jenis pohon yang tinggi, atau menempatkan barang pada jalur kereta api yang dapat mengganggu pandangan bebas dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api.

Manager Humas Divre I Sumut, Anwar Solikhin, menjelaskan bahwa PT KAI Divre I Sumut tidak hanya melakukan bersih lintas, tapi juga mengajak masyarakat sekitar jalur KA bekerjasama untuk mewujudkan keselamatan perjalanan KA dengan ikut menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah serta membakar sampah di sekitar jalur KA.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi secara persuasif, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar jalur KA untuk lebih peduli akan kebersihan sesuai peraturan perundangan," ucap Anwar.