Peringati 108 Tahun Kelahiran TD Pardede, Mengenang Sosok Pengusaha yang Pantang Menyerah

Anak TD Pardede, Dr Surya Indriani Pardede (jaket coklat) bersama menantu dan cucu TD Pardede berikan keterangan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Hari lahir Tumpal Dorianus (TD) Pardede diperingati Keluarga Besar TD Pardede dan Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Medan mengenang sosok yang dikenal sebagai pengusaha Indonesia era 1980 an dan menteri era Presiden Soekarno itu.

Acara bertajuk 'In Memoriam TD Pardede 108th' ini mengenang Sang Tokoh yang lahir pada 16 Oktober 1916 ini sekaligus merayakan ulang tahun HDTI ke-52 yang digelar di Hotel Danau Toba Internasional Jalan Imam Bonjol, Medan, Rabu, 16 Oktober 2024. Acara berlangsung dari pukul 16.00 hingga 22.15 WIB, dihadiri oleh keluarga, kerabat, serta sejumlah tamu undangan yang dekat dengan TD Pardede.

“Acara ini kami dedikasikan sepenuhnya untuk mengenang semangat pantang menyerah Ayah, seorang pengusaha sukses, tidak hanya di Sumatra Utara, tapi juga di tingkat nasional,” ujar putri ke-9 TD Pardede, Dr. Surya Indriani Pardede dalam keterangannya kepada media di Medan, Selasa 15 Oktober 2024.

Ia didampingi Tety Napitupulu, istri almarhum Rd Hisar Pardede, dan Allon Siregar, cucu TD Pardede. Indriani menambahkan, sejumlah pejabat dan kolega keluarga akan hadir dalam acara tersebut. “Pengunjung hotel juga diundang untuk menikmati acara ini, sebagai apresiasi dan upaya mengenalkan kembali ketokohan Ayah kepada publik,” tambahnya.

Mengenang 108 tahun kelahiran TD Pardede.

Photo :
  • Aris Dasril/VIVA Medan

Acara ini dikemas dengan konsep 'meeting-incentive-conference-exhibition' (MICE), yang menghadirkan perpaduan antara seni tradisional Batak, pertunjukan paduan suara, serta beragam kegiatan lainnya. Selain itu, acara juga menampilkan talk show bedah buku berjudul 'Ayahku Inspirasiku' dengan narasumber Dr. Indri Aria Pardede.

Lalu, pemutaran film pendek biopik tentang TD Pardede, bazar UMKM, pertandingan futsal antarkaryawan, serta pameran foto dari koleksi pribadi TD Pardede. “Segala hal tentang Ayah akan kami hadirkan dalam acara ini, termasuk baksos untuk warga sekitar dan gereja,” kata Indri.