Asri Ludin Tambunan Akan Jadikan Deliserdang Merdeka Pangan

Calon Bupati Deliserdang nomor urut 2, Asri Ludin Tambunan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Calon Bupati Deliserdang nomor urut 2, Asri Ludin Tambunan bersama istri menghadiri panen raya di Dusun 4 Desa Wonosari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Minggu kemarin, 6 Oktober 2024.

Kehadiran Asri dan istri disambut hangat para petani. Mereka juga memberikan hasil tani mereka secara simbolis kepada Asri dan sejumlah tamu undangan lain sebagai bentuk rasa syukur atas panen raya tersebut. Acara panen raya itu turut dihadiri Kepala Desa Wonosari Suparman, Ketua Gapoktan Desa Wonosari Tugiman, Anggota DPRD Deliserdang Siswo Adi Suwito, Tokoh Masyarakat Tanjung Morawa Marianto Irawadi, Ketua RATA Deliserdang Zulkifli Barus, Ketua KONI Tanjung Morawa Jumiran, Tokoh Agama Safi’i Tanjung dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua Gapoktan Desa Wonosari, Tugiman menyampaikan bahwa hasil tani yang sudah dipanen tersebut seluas 5 hektar dan jika dirata-ratakan hasil panennya sebanyak 6-8 ton padi per hektar. “Alhamdulillah ya bisa panen raya. Namun, memang kita masih alami kendala. Kendala utamanya adalah irigasi, debit airnya itu kurang. Masalah pupuk ya no dua ya. Kita harap pemerintah kabupaten ke depan membenahi ini dan lebih memperhatikan petani di Deliserdang,” katanya dalam keterangannya, Senin 7 Oktober 2024.

Ia juga berharap, pemerintah kabupaten ke depan bisa memberikan bantuan seperti traktor roda empat atau pupuk. Karena hal itu sangat mendukung keberhasilan petani.

Menyerap aspirasi para petani, Calon Bupati Deliserdang nomor urut 2, Asri Ludin Tambunan menyebut, ke depan ia akan membentuk program pemberdayaan petani. Berupaya bagaimana agar para petani di Deliserdang lebih sejahtera. “Kita akan upayakan agar kestabilan harga gabah terjaga. Mungkin nanti peran pemerintah dengan BUMD-nya lah, akan kita kedepankan untuk menampung hasil petani ini. Untuk pupuk, kita akan berikan subsidi pupuk,” pungkasnya.

Dikatakannya, jika nanti ia terpilih menjadi bupati, pemerintah kabupaten ke depan akan mengarahkan petani untuk menggunakan teknologi pertanian. Sehingga pertanian di Deliserdang tidak lagi konvensional dan bisa lebih maju. “Kita akan upayakan bagaimana Deliserdang ke depan tidak hanya swasembada pangan tapi harus merdeka pangan,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Asri bersama istri dan tamu undangan lainnya juga melakukan panen padi secara simbolis sekaligus menyerahkan bantuan berupa pupuk sebanyak 11 ton kepada para petani, yang diterima oleh perwakilan kelompok tani. Acara pun ditutup dengan bernyanyi dan makan bersama.